Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-0625 (Softcopy SK-106) Source Code SK-93
Collection Type Skripsi
Title Me-Render efek pelangi dan korona pada pemandangan alam secara real time dengan high level shading language
Author Aristo;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2006
Subject Graphic programming systems
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0625 (Softcopy SK-106) Source Code SK-93 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 12533
ABSTRAK

Perkembangan Graphic Processing Unit yang demikian pesat memungkinkan aplikasi real-time memodelkan hal-hal yang sebelumnya sulit dimodelkan. Dengan pengembangan teknologi shader, aplikasi grafis real-time mampu memodelkan hal-hal yang sulit dibayangkan sebelumnya secara real time. Pelangi dan Korona merupakan fenomena alam yang menarik untuk ditunjukkan dalam scene tiga dimensi. Pelangi dan korona memiliki warna yang menarik dan khas yang merupakan hasil penguraian cahaya matahari oleh tetesan air. Pada masa sebelumnya, untuk menampilkan pelangi dan korona cukup ditempelkan gambar jadi pelangi dan korona pada scene, pada masa sekarang, dengan teknologi shader, kedua fenomena tersebut dapat dimodifikasi dan ditampilkan secara interaktif. Pada tugas akhir ini dibangun sebuah aplikasi yang mendemonstrasikan penggunaan teknologi shader untuk memodelkan fenomena pelangi dan fenomena korona dalam sebuah pemandangan alam secara real time. Pada aplikasi tersebut dimungkinkan untuk mengubah beberapa aspek kedua fenomena alam tersebut dan menampilkan hasilnya secara real-time. Aplikasi . yang berbasis aplikasi hasil karya Clint Brewer, tersebut dibuat dengan bahasa C# dan HLSL yang mempergunakan.Net Framwork dan managed DirectX. Aplikasi ini mempergunakan Shader Model 2.0 sehingga membutuhkan hardware yang mendukung Shader Model 2.0.Tugas akhir ini juga menjabarkan bagaimana menghasilkan fenomena berbasis pembiasan dan pemantulan cahaya, khususnya pelangi dan korona, ke dalam sebuah aplikasi real-time dengan teknologi shader 2.0 dengan berbasis bahasa HLSL. Tugas akhir ini berhasil memodelkan secara real time fenomena pelangi dan korona yang merupakan fenomena alam yang berbasis pembiasan dan pemantulan cahaya. Pemodelan tersebut mengikuti dasar-dasar teori fisika dalam batasan tertentu sehingga terlihat lebih nyata. Selain itu Pengembangan aplikasi dengan menggunakan sebuah bahasa tingkat tinggi yang memiliki library yang baik (dalam hal ini C# dan HLSL) dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuatan aplikasi.