Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number JURNAL SISTEM INFORMASI, Vol. 2(2006): No.2
Collection Type UI-ana Indek Artikel
Title Analisis manfaat-biaya pembelajaran berbasis web sebagai pelengkap pembelajaran tatap muka: studi kasus program magister teknologi informasi Universita Indonesia
Author Anis Cherid dan Benny Ranti
Publisher Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
JURNAL SISTEM INFORMASI, Vol. 2(2006): No.2 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 19043
Dampak perkembangan teknologi informasi yang pesat antara lain adalah munculnya Web sebagai salah satu alat dukung proses pembelajaran dalam dunia pendidikan tinggi dan kebutuhan yang tinggi terhadap tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi. Penerapan Web sebagai alat dukung proses pembelajaran membutuhkan investasi sejumlah biaya. Penelitian ini mengkaji manfaatdan biaya pengembangan model pembelajaran tatap muka yang dilengkapi dengan pembelajaran jarak jauh berbasisweb pada program MTI, Universitas Indonesia, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat menunjang keberhasilan penerapan model pembelajaran tersebut. Di samping itu dikaji juga analisis terhadap model organisasi, sistem penyam-paian pembelajaran, kebutuhan infrastruktur teknologi informasi dana analisis finansialdengan menggunakan metode information economics. Berdasarkan hasil penelitian ini, ROI yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran campurandi atas adalah sebesar 12,95% dalam skenerio terbaik, sedangkan dalam skenerio terburuk adalah sebesar 1.01%. ROI positif yang diperoleh dari kedua skenario itu tidak serta merta menjamin kelayakan finansial penerapan model pembelajaran yang dikembangkan, khususnya jikadalam model pembelajaran campuran yang dikembangkan, porsi komponen pembe-lajaran berbasis web dilipatgandakan dari 25% menjadi 50% dibanding komponen membaca sendiri buku teks kuliah. Dalam kasus seperti ini, kelayakan finansial penerapan program pem-belajaran campuran akan sangat ditentukan oleh kemampuan untuk mengendalikan biaya dan waktu produksi materi pembelajaran berbasis web.