Call Number | KA-055 (Softcopy KA-055) |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Pemanfaatan Google Tools dan Media Sosial Sebagai Salah Satu Metode Search Engine Optimizations (SEO) untuk Search Engine Marketing (SEM) |
Author | MOCH SIDHKI ADHA; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2010 |
Subject | Social Media, SEO, SEM |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-055 (Softcopy KA-055) | Indonesia | TERSEDIA |
Memasarkan suatu produk di dunia maya bukanlah suatu hal yang mudah. Diperlukan sedikit pengetahuan untuk dapat memperkenalkan produk tersebut kepada para konsumen. Metode pemasaran seperti ini tentunya berbeda dengan pemasaran yang dilakukan secara offline. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam pemasaran melalui media internet adalah dengan menggunakan teknologi yang memungkinkan suatu halaman web bisa dicari dengan lebih mudah oleh mesin pencari, sehingga meningkatkan kunjungan ke halaman web tersebut Peluang lainnya adalah dengan melakukan pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, mengingat media ini merupakan salah satu media yang menjadi trend di masa kini. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pengaruh dari tools yang disediakan oleh Google maupun media social dalam meningkatkan optimasi terhadap pencari (Search Engine Optimization) dan juga pemasaran produk (Search Engine Marketing). Beberapa tools dari Google yang dipergunakan antara lain Google Web Analytics, Google adwords, Google Webmaster Tool, serta Google insight. Sedangkan media sosial dipergunakan adalah Facebook, Twiter, Goggle Buzz, Yahoo Buzz serta Feedburner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Tools dan media sosial mampu meningkatkan kunjungan ke web yang dikembangkan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk.