Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-159 (Softcopy KA-159)
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis fitur-fitur customer ralationship management pada situs WEB Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Universitas Indonesia, STMIK MDP dan Politeknik Sriwijaya
Author Yulistia;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011
Subject Customer relationship management
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-159 (Softcopy KA-159) Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 33255
ABSTRAK

Banyaknya jumlah pendidikan tinggi di Indonesia menuntut peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa yang merupakan sarana promosi terbaik bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di tengah atmosfer persaingan yang makin ketat. Untuk dapat meningkatkan hubungan kepada mahasiswa salah satu konsep yang dapat diterapkan adalah CRM (Customer Relationship Management). CRM pendidikan tinggi diwujudkan dengan berbagai bentuk, secara konvensional melalui pelayanan tatap muka secara langsung, maupun memanfaatkan teknologi mutakhir seperti situs web. Permasalahannya adalah apakah fitur-fitur CRM bagi situs web pendidikan tinggi yang dapat digunakan dalam perancangan dan pengembangan CRM berbasis situs web pada untuk memperoleh dan mempertahankan kepercayaan mahasiswa.Langkah-langkah yang dilakukan terlebih dahulu adalah pemetaan terhadap proses bisnis CRM pendidikan tinggi dengan menggunakan FrontCRM dengan siklus mahasiswa dalam pendidikan tinggi yaitu student life cycle. Pemetaan dilakukan dalam bentuk matriks dua dimensi yang akan menghasilkan indikator-indikator CRM situs web yaitu proses bisnis dan sub-proses bisnis FrontCRM yang ada pada tahap student life cycle. Kemudian dilakukan assesment situs web pendidikan tinggi berupa observasi terhadap tiga situs web objek studi kasus dengan mempelajari fasilitas dan fungsi situs web masing-masing objek studi kasus, dan terakhir analisis fungsi CRM situs web terhadap fitur tools CRM. Sehingga diperoleh fitur CRM situs web pendidikan tinggi. Hasil penelitian adalah adanya fitur-fitur CRM pada situs web pendidikan tinggi di area pemasaran, penjualan, dan pelayanan yang dimiliki oleh situs-situs web objek studi kasus, dengan jumlah total fitur untuk pemasaran sebanyak 12 fitur, penjualan sebanyak 14 fitur, dan pelayanan sebanyak 14 fitur.. Diperoleh pemahaman bahwa tidak semua proses bisnis dan sub-proses bisnis yang ada pada kerangka FrontCRM diterapkan pada situs web pendidikan tinggi objek studi kasus. Serta tidak semua proses bisnis Front CRM ada pada semua fase dalam student life cycle.