Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-297 (Softcopy KA-295)
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Business intelligence implementation in sales and marketting performance : A case study at F Vision
Author Febian Syafei;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2012
Subject Business Intelligence
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-297 (Softcopy KA-295) Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 37752
ABSTRAK

Riset pasar terbaru memperkirakan bahwa pasar TV berbayar akan meningkat dua kali lipat dalam dua tahun ke depan di Indonesia. Pasar yang terus berkembang telah menarik penyedia jasa baru (perusahaan) untuk melayani pasar dan sehingga meningkatkan persaingan di antara para penyedia jasa. Kondisi ini memaksa perusahaan untuk mampu memantau dan menganalisis kinerja mereka setiap hari, bukan lagi per minggu atau bulan - periode pengukuran kinerja menjadi lebih pendek. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi bisnis intelijen (BI) sebagai solusi untuk manajemen kinerja dan pengukuran bisnis terutama dalam bidang penjualan dan pemasaran di F Vision. Untuk mengembangkan solusi BI tersebut, dilakukan proses wawancara terhadap General Manager di F Vision. Dari hasil wawancara tersebut, kemudian dikembangkan solusi BI dengan menggunakan metodologi pengembangan BI yang umum, yang meliputi: pengembangan datawarehouse, metadata repository dan presentasi BI. Sedangkan teknologi yang dipergunakan untuk mengembangkan solusi BI tersebut adalah produk database dan Business Intelligence dari Oracletm. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan data warehouse (3 tabel fakta dan 12 tabel dimensi) dan prototipe aplikasi kecerdasan bisnis dalam bentuk analisis dan presentasi dashboard untuk tujuan manajemen kinerja penjualan. Dashboard yang telah dihasilkan meliputi fungsi-fungsi: brand analysis, customer Analysis, serta historical trend analysis. Hasil penelitian ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pihak manajemen untuk membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan.