Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2586 (Softcopy SK-2068)
Collection Type Skripsi
Title Penjaminan Mutu Perangkat Lunak pada Gim Something Left to Lose
Author Figo Athallah;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2025
Subject Penjaminan Mutu Perangkat Lunak
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2586 (Softcopy SK-2068) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 56216
ABSTRAK

Nama: FIGO ATHALLAH
Program Studi: ILMU KOMPUTER
Judul: Penjaminan Mutu Perangkat Lunak pada Gim Something Left to Lose
Pembimbing: Dr. Ade Azurat, S.Kom./ Daya Adianto, S.Kom, M. Kom.

Gim, atau permainan video (video game), merupakan salah satu bidang yang mampu menyorot banyak isu, termasuk kesehatan mental. Something Left to Lose merupakan sebuah gim yang dikembangkan sebagai upaya pencerahan kasus perundungan di lingkungan pendidikan. Fase pengembangan gim ini merupakan lanjutan dari upaya yang dilakukan oleh tim developer asli, dan berfokus pada penerapan Quality Assurance (QA) agar standar kualitas gim sesuai dengan ekspektasi pemain yang dijadikan target audiens sebelum dirilis. Prosedur QA Testing pada gim dilakukan untuk menilai kualitas gim secara berkala. Prosedur tersebut masih berbentuk eksploratif, sehingga pendekatan yang digunakan untuk pengembangan Something Left to Lose berupa penerapan dalam dua bidang QA secara manual namun ekstensif, yaitu debugging dan polishing. Kedua prosedur tersebut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas gim pada pengembangan ini, yang dirancang dalam empat sprint selama empat bulan. Sebagai pelengkap debugging dan polishing, dilakukan juga playtesting secara luring dan daring sebagai bentuk evaluasi QA. Kegiatan playtesting memungkinkan developer untuk mengidentifikasi area terlewatkan yang membutuhkan debugging dan polishing lebih lanjut. Hasil playtesting dikumpulkan melalui feedback form atau formulir umpan balik yang menjadi sarana bagi playtester untuk memberi kesannya terhadap gim yang telah dimainkan. Umpan balik yang diperoleh, khususnya terkait QA, dianalisis lebih lanjut dan dijadikan acuan untuk langkah pengembangan berikutnya. Selain itu, pengaruh QA pada gim ini akan dievaluasi melalui tiga fase yang menandakan kondisi kesiapannya, yakni fase Functionality, Completeness, dan Balancing. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara umum terhadap pengembangan gim dan perangkat lunak lainnya melalui pengaplikasian metodologi Quality Assurance yang dapat disesuaikan beserta best practice-nya. Hasil pengembangan dalam penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan fondasi yang utuh untuk pengembangan gim Something Left to Lose selanjutnya.