Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-521 (Softcopy KA-518) MAK KA-181
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan knowledge sharing pegawai pemerintah: studi kasus pusat komunikasi kementerian luar negeri
Author Arthania Retno Praida;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2014
Subject Knowledge Sharing
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-521 (Softcopy KA-518) MAK KA-181 Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41387
ABSTRAK

Knowledge sharing merupakan interaksi sosial yang melibatkan pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan pegawai dalam suatu organisasi. Knowledge sharing capability adalah kemampuan individu untuk berbagi pengalaman, keahlian dan pengetahuan dengan karyawan lain dalam organisasi. Kegiatan knowledge sharing di Pusat Komunikasi Kementerian Luar Negeri (Puskom Kemlu) masih belum optimal, sehingga perlu diidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan berbagi pengetahuan (knowledge sharing capability) pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berbagi pengetahuan (knowledge sharing capability) pegawai dalam hal ini Pejabat Komunikasi (PK) di Puskom Kemlu. Metode pengumpulan data adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 180 PK di Pusat Komunikasi Kementerian Luar Negeri maupun Perwakilan RI di luar negeri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Model penelitian ini mengajukan 13 (tigabelas) faktor yang terbagi kedalam 4 dimensi yaitu individu, budaya organisasi, struktur organisasi (dimensi non- teknis) dan teknologi (dimensi teknis). Hasil dari penelitian ini didapatkan 5 (lima) faktor yang secara nyata dapat mempengaruhi kemampuan berbagi pengetahuan (knowledge sharing capability) PK di Puskom Kemlu. Kelima faktor tersebut adalah job satisfaction (dimensi individu), social network (dimensi budaya organisasi), work process (dimensi struktur organisasi), ICT infrastructure dan end user focus (dimensi teknologi). Dari hasil analisis regresi linier berganda didapatkan nilai koefisien determinasi yang disesuaikan sebesar 0.463 yang menyatakan bahwa proporsi variasi keseluruhan variabel dependen (knowledge sharing capability) yang dapat dipengaruhi oleh kelima faktor tersebut adalah sebesar 46.3%, sedangkan sisanya 53.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam model regresi ini, kelima faktor yang dihasilkan cukup baik digunakan untuk menjelaskan variabel dependennya.

Favorite
Sistem pemrosesan tagihan VoIP PT. Wira Arta Telematika
Author: Yanto; | Publisher: Depok: Fak. Ilmu Komputer UI, 2002
[Remove]
Core PHP programming 3rd ed.
Author: Atkinson, Leon; | Publisher: Upper Sadlle River: Prentice Hall, 2004
[Remove]
The JFC swing tutorial: a guide to constructing guis 2nd ed
Author: | Publisher: Boston: Addison-Wesley, Pearson/ Prentice Hall, 2004
[Remove]
The consultant's score tracking result and bottom line impact of cosulting project
Author: Phillips, Jack; | Publisher: New York: McGraw-Hill, 2000
[Remove]
Author: Hari Setiabudi Husni, I Gusti Made Karmawan, Abdul Haris; | Publisher: Prosiding nasional aplikasi teknologi informasi 2010 Yogyakarta 19 Juni 2010 (SNATI)
[Remove]
Programming with threads/Steve kleiman
Author: Kleinman, Steve; | Publisher:
[Remove]
The linux TCP/IP stack: networking for embedded systems
Author: Herbert, Thomas F.; | Publisher: HinghamMassachusetts: Charles River Media, 2004/2005
[Remove]