Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1129 Softcopy T-838 Source code T-241
Collection Type Tesis
Title Pencarian parameter optimum metode monte carlo pada lingkungan GPU dan kluster MPI untuk kalkulasi dosis terapi radiasi foton
Author Yakub Aqib Bayhaqi;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2015
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1129 Softcopy T-838 Source code T-241 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 42864
ABSTRAK Nama : Yakub Aqib Bayhaqi Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Pencarian Parameter Optimum Metode Monte Carlo pada Lingkungan GPU dan Kluster MPI untuk Kalkulasi Dosis Terapi Radiasi Foton Perencanaan terapi radiasi dengan metode adaptif menjadi tren baru yang banyak dikembangkan. Namun, metode ini membutuhkan suatu metode komputasi distribusi dosis radiasi yang cepat dan akurat. Sebagai salah satu metode yang paling akurat. Metode Monte Carlo yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan untuk mempersingkat waktu perencanaan terapi radiasi. Sehingga penumpukan pasien, khususnya di Indonesia bisa berkurang. Penggunaan komputasi paralel dalam metode Monte Carlo telah dilakukan dalam dua model. Kode DPM-MPI yang merupakan implementasi kode DPM pada lingkungan MPI dan gDPM yang mengoptimalkan kode DPM Monte Carlo untuk berjalan pada perangkat GPU tunggal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji akurasi dan performa dari kedua kode Monte Carlo paralel. Akurasi dan performa yang optimal didapat dengan memvariasikan parameter-parameter komputasi dari masing-masing kode. Pada kode DPM-MPI, jumlah prosesor yang digunakan sangat berpengaruh pada waktu komputasi. Sedangkan pada kode gDPM, jumlah thread per Grid dan thread per blok mempengaruhi percepatan komputasi Monte Carlo. Pada penelitian ini juga dilakukan optimasi dari kode gDPM dengan menggunakan metode streaming. Uji akurasi pada air menunjukan bahwa jumlah prosesor dan histori partikel optimal pada kode DPM-MPI adalah 1024 prosesor dan 2 x 108 histori partikel. Sedangkan pada kode berbasis GPU (gDPM dan gDPM-Stream), waktu dan akurasi komputasi optimal didapatkan pada saat parameter jumlah thread per Grid yang digunakan adalah 262144 dan jumlah thread per blok adalah 64. Jumlah histori sebesar 2 x 108 yang digunakan pada kode GPU sudah cukup untuk memenuhi saran dari ICRU 50. Penelitian ini membuktikan bahwa, paralelisasi dalam lingkungan MPI memang masih menjadi salah satu metode yang tercepat. Kode DPM-MPI memiliki keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan kode yang berjalan pada GPU. Penggunaan metode streaming pada kode berbasis GPU dapat meningkatkan waktu komputasi dengan percepatan hingga 1,301 kali. Hal ini sesuai dengan teori yang diberikan oleh NVIDIA yang menyebutkan percepatan stream bisa mencapai 1,33 kali.
Favorite
Project management success with CMMI: seven CMMI process areas
Author: Persse, James; | Publisher: Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall, 2007
[Remove]
Running linux/ Matt Weslh
Author: Welsh, Matt; | Publisher: O'Reilly
[Remove]
Transhumance,livelihood and sustainable development and conflict between formal institution and communal governance: and evaluative note on east himalayan state of sikkim, india (V1-1 s/d V1-07)
Author: Anjan Chakrabarti; | Publisher: 2011 international conference on social science and humanity february 26-28, 2011 singapore volume 1 proceedings (ICSSH)
[Remove]
JPK knowledge center di PT Jamsostek (Persero)
Author: Muhammad Ghafur AWS; | Publisher:
[Remove]
Pengelolaan katalog informasi dan migrasi data untuk information governance (IGOV) Bank Indonesia
Author: Fikri Pratama Afif; | Publisher: Depok : Fak. Ilmu Komputer, 2017
[Remove]