Tidak ada review pada koleksi ini: 43233
BSTRAK
Nama : Made Ayu Aristyana Dewi
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Trust Transfer dan Pengaruhnya terhadap Penggunaan Kembali Mobile Service pada B2C E-Marketplaces
Penelitian ini memperluas konsep expectancy confirmation model (ECM) dengan membahas konsep kepercayaan sebagai motivasi internal yang dapat membuat pelanggan kembali menggunakan mobile service di tengah risiko dan ketidak-pastian yang terjadi pada mobile service. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana membangun kepercayaan pada model bisnis B2C E-Marketplaces berdasarkan trust transfer theory. Pada model bisnis tersebut, terdapat tiga entitas yang mempengaruhi kepercayaan secara keseluruhan, yaitu intermediary, community of sellers, dan mobile service yang disediakan intermediary. Untuk membangun kepercayaan pelanggan secara keseluruhan perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pada ketiga entitas tersebut dan apakah kepercayaan pada ketiga entitas tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Penelitian ini menggunakan empat antecendents dari kepercayaan (kualitas mobile service, familiarity, consumer disposition to trust/CDT, dan interpersonal recommendation) sebagai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan. Pada penelitian ini diperoleh 606 responden yang merupakan pengguna layanan Go-Jek yang tersebar di daerah Jabodetabek, Bali, Bandung, dan Surabaya. Data dianalisis dengan menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan tools AMOS 22.0. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keinginan pelanggan untuk menggunakan kembali mobile service. Kepercayaan pada intermediary dipengaruhi oleh familiarity, interpersonal recommendation, kualitas mobile service, dan CDT. Kepercayaan pada mobile service hanya dipengaruhi oleh CDT, familiarity, dan kualitas mobile service. Selanjutnya, kepercayaan terhadap community of sellers hanya dipengaruhi oleh kualitas mobile service saja. Selain itu, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa terjadi transfer kepercayaan dari intermediary ke community of sellers dan dari community of sellers ke mobile service yang disediakan intermediary.
Kata kunci:
AMOS, B2C E-Marketplaces, community of sellers, continuance intention, ECM, intermediary, kepercayaan, mobile service, pengguna Go-Jek, SEM, trust transfer theory.