Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1435 (Softcopy SK-917)
Collection Type Skripsi
Title Pemenuhan kepuasan dari keikutsertaan konsumen menjadi brand follower pada twitter dan dampaknya terhadap brand relationship quality serta keinginan konsumen untuk melakukan electronic word-of mouth
Author William Suwignyo;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1435 (Softcopy SK-917) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43492
ABSTRAK Nama : William Suwignyo Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pemenuhan Kepuasan dari Keikutsertaan Konsumen Menjadi Brand Follower pada Twitter dan Dampaknya terhadap Brand Relationship Quality serta Keinginan Konsumen untuk Melakukan Electronic Word-of-Mouth Tingginya pengguna internet saat ini memicu perusahaan untuk menggunakan strategi pemasaran produk baru dengan memanfaatkan internet. Salah satu strategi pemasaran produk tersebut adalah electronic word-of-mouth (eWOM). eWOM sendiri merupakan suatu komunikasi antar pelanggan yang membicarakan mengenai produk atau jasa dari suatu merk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pemenuhan kepuasan yang diterima konsumen dengan menjadi brand follower pada Twitter terhadap brand relationship quality (BRQ) dan dampaknya terhadap terhadap keinginan seseorang untuk melakukan eWOM. Penelitian ini menggunakan stimulus-organism-response (S-O-R) framework sebagai kerangka dalam menyusun model penelitian. Uses and Gratification Theory (UGT) digunakan sebagai antecedent dari BRQ. Dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui media sosial (Twitter, Facebook, Line, dan Whatsapp), didapatkan 725 responden. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan metode structural equation modelling (SEM) dan dibantu dengan software AMOS 22. Dari hasi analisis data, ditemukan bahwa terdapat 4 faktor pemenuhan kepuasan yang mempengaruhi BRQ, yaitu social interaction, network externality, reward seeking, dan content consumption. Semua faktor memiliki pengaruh yang lemah kecuali social interaction. Selain itu, juga ditemukan bahwa BRQ memiliki pengaruh yang kuat terhadap tiga aktivitas eWOM yang meliputi opinion seeking, opinion giving, dan opinion passing. Kata kunci: electronic word-of-mouth, brand relationship quality, uses and gratification theory, stimulus-organism-response framework, AMOS, structural equation modelling, Twitter, pemasaran produk