Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1459 (Softcopy SK-941)
Collection Type Skripsi
Title Adaptasi expectation-confirmation model untuk memprediksi pengaruh system quality dan service quality terhadap continuance intention behavior pada penggunaan aplikasi berbasis m-service: studi kasus aplikasi mobile GO-JEK
Author Khalida Anggun Rahmadini;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Ilmu Komputer, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1459 (Softcopy SK-941) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43519
ABSTRAK Nama : Khalida Anggun Program Studi : Sistem Informasi Judul : Adaptasi Expectation-Confirmation Model untuk Memprediksi Pengaruh System Quality dan Service Quality Terhadap Continuance Intention Behavior pada Penggunaan Aplikasi Berbasis M-Service: Studi Kasus Aplikasi Mobile Go-Jek Dewasa ini, perkembangan teknologi m-service sudah menawarkan berbagai kemudahan yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya dengan kehadiran layanan pemesanan jasa transportasi secara online. Saat ini berbagai vendor penyedia layanan pemesanan jasa transportasi secara online bersaing secara ketat dalam menarik minat pengguna dan menjadi popular pada beberapa tahun belakangan ini. Layanan pemesanan jasa transportasi secara online sangat membantu masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitasnya di tengah tuntutan mobilitas yang tinggi. Di tengah persaingan tersebut, vendor harus terus meningkatkan layanannya untuk tetap mempertahankan minat pengguna layanan dan meningkatkan continuance intention pengguna layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang menentukan minat seorang pengguna untuk terus menggunakan layanan pemesanan jasa transportasi online secara berkelanjutan. Model penelitian ini dianalisis dengan pendekatan partial least square terhadap 372 responden menggunakan tools SmartPLS 3.0 M3. Melalui adaptasi Expectation-Confirmation Model (ECM), faktor seperti satisfaction, trust dan perceived usefulness terkait kualitas aplikasi dan kualitas layanan yang diberikan pengemudi dilihat pengaruhnya terhadap continuance intention pengguna layanan pemesanan ojek online berbasis aplikasi mobile(mobile service). Hasil analisis menunjukkan bahwa satisfaction dan trust terkait layanan yang diberikan pengemudi terbukti tidak memengaruhi continuance intention pengguna layanan. Namun, meski tidak memengaruhi continuance intention pelanggan, faktor- faktor tersebut memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap perceived usefulness pengguna terhadap layanan secara umum dibandingkan faktor kualitas aplikasi. Selain itu, satisfaction dan trust terhadap kualitas aplikasi terbukti berpengaruh terhadap continuance intention pengguna layanan. Faktor seperti perceived usefulness dan perceived fee juga terbukti mempengaruhi continuance intention. Dalam hubungan terkait continuance intention pengguna layanan, faktor perceived fee menjadi faktor yang paling signifikan dalam menentukan continuance intention pengguna terhadap layanan. Kata Kunci : Continuance intention, ECM, intermediary, m-service, SmartPLS, trust, satisfaction, kualitas aplikasi, kualitas layanan.