Pengarang | Rosalia Valentin Margareta; |
Penerbit | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2018 |
Barcode RFID baru | 11789929 |
Tahun Angkatan | 2016 |
Progam Studi | Magister Teknologi Informasi |
Lokasi | FASILKOM-UI; |
Lulus semester MTI | Genap 2017/2018 |
Abstrak Indonesia |
ABSTRAK Nama Program Studi Judul Rosalia Valentin Margareta Magister Teknologi Informasi Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Perlindungan Data Pribadi Saat Menggunakan Ojek Daring di Indonesia Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing Perlindungan Data Pribadi telah diatur dalam perundang-undangan Republik Indonesia. Peraturan tersebut melindungi dari pelanggaran data pribadi tidak terkecuali pada layanan ojek daring. Namun saat ini masih terdapat pelanggaran perlindungan data pribadi yang menyebabkan kerugian pelanggan. Di samping itu, isu pentingnya perlindungan data pribadi juga masih sedikit dibahas di Indonesia. Perlu diketahui persepsi perlindungan data pribadi oleh pelanggan digunakan untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap keinginan atau niat pelanggan untuk memberikan data pribadinya pada saat menggunakan aplikasi ojek daring agar penyedia ojek daring dapat mengambil tindakan yang tepat dalam memenuhi kewajibannya untuk melindungi data pelanggan. Untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan terhadap perlindungan data pribadi pada ojek daring di Indonesia, dilakukan analisis dengan metode kuantitatif dan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Variabel yang digunakan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan terhadap perlindungan data pribadi pada ojek daring di Indonesia, terdiri dari privacy violation experiences (pengalaman pelanggaran perlindungan data pribudi) privacy concern (kepedulian perlindungan data pribadi), risk beliefs (potensi kerugian yang dirasakan), trusting beliefs (kepercayaan terhadap penyedia layanan), dan behavioral intention (keinginan memberikan data pribadi). Dari hasil pengolahan data, diketahui bahwa pengalaman pelanggaran data pribadi tidak berpengaruh negatif terhadap kewaspadaan pelanggan dalam perlindungan data pribadi. Kewaspadaan pelanggan dalam perlindungan data pribadi tidak berpengaruh negatif pada tingkat kepercayaan pelanggan dan keinginan memberikan data pribadi. Namun hal tersebut berpengaruh positif pada potensi risiko yang dirasakan. Penelitian ini memberikan rekomendasi penyedia layanan ojek daring untuk mengembangkan inovasi TI perlindungan data yang lebih konkret, memperbaiki kebijakan privasi agar lebih mudah dimengerti, dan memberikan akses kontrol pelanggan. Kata Kunci: Data pribadi, perlindungan data pribadi, ojek daring, partial least square-structural equation modeling |
Judul | Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Perlindungan Data Pribadi Saat Menggunakan Ojek Daring Di Indonesia |
Tgl Pemasukan | Juli 2018 |
NPM | 1606965404 |
Abstrak English |
ABSTRACT Name : Rosalia Valentin Margareta Study Program Title Master of Information Technology Customer's Perception Analysis Against Personal Data Protection When Using an Online Motorcycle Taxi in Indonesia Counselor : Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Personal Data Protection is governed by the laws of the Republic of Indonesia. These regulations protect against violation of personal data, include for online motorcycle taxi service business using application. However, there are still violations of personal data protection that cause customers' losses. These cases can decrease credibility and reputation of the application in customer's view, Furthermore, they also indicate potential threat for the sustainability of online motorcycle taxi service business. To prove that threat, this research is conducted to reveal how customer's perception about personal data protection. It will expose how it affects the customer's intention to provide their personal data when using an online motorcycle taxi application. Therefore, online motorcycle taxi providers can take appropriate action in fulfilling their obligations to protect customer data To determine the effect of customer's perception about personal data protection on motorcycle taxis in Indonesia, an analysis was conducted using quantitative methods through Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). To identify the effect of customer's perception about personal data protection on motorcycle taxis in Indonesia, this research involves these variables: privacy violation experiences, privacy concerns, risk beliefs, trusting beliefs, and behavioral intention. After reviewing the numerical result, three hypotheses are accepted while the five ones are rejected. Personal data violation experience does not negatively affect customer's privacy concerns of personal data protection. The customer's privacy concerns of personal data protection do not negatively affect the level of customer trust and the desire to provide personal data. But it has a positive effect on the potential perceived risk. This study recommends online motorcycle taxi service providers to develop more concrete data protection such as IT innovations, improve privacy policies to make them easier to understand, and provide access control for customer. Keywords: Personal data, personal data protection, online motorcycle taxi, partial least square-structural equation modeling |
Tahun | 2018 |
Penguji 2 | Putu Wuri Handayani |
Pembimbing 1 | Yudho Giri Sucahyo |
Fisik | xiii, 177 hlm. :ill, 30 cm |
Bahasa | Ind |
Penguji 1 | Betty Purwandari |
No. Panggil | KA-1131 (Softcopi KA-1125) MAK KA-776 |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1131 (Softcopi KA-1125) MAK KA-776 | Ind | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama Program Studi Judul Rosalia Valentin Margareta Magister Teknologi Informasi Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Perlindungan Data Pribadi Saat Menggunakan Ojek Daring di Indonesia Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing Perlindungan Data Pribadi telah diatur dalam perundang-undangan Republik Indonesia. Peraturan tersebut melindungi dari pelanggaran data pribadi tidak terkecuali pada layanan ojek daring. Namun saat ini masih terdapat pelanggaran perlindungan data pribadi yang menyebabkan kerugian pelanggan. Di samping itu, isu pentingnya perlindungan data pribadi juga masih sedikit dibahas di Indonesia. Perlu diketahui persepsi perlindungan data pribadi oleh pelanggan digunakan untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap keinginan atau niat pelanggan untuk memberikan data pribadinya pada saat menggunakan aplikasi ojek daring agar penyedia ojek daring dapat mengambil tindakan yang tepat dalam memenuhi kewajibannya untuk melindungi data pelanggan. Untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan terhadap perlindungan data pribadi pada ojek daring di Indonesia, dilakukan analisis dengan metode kuantitatif dan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Variabel yang digunakan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan terhadap perlindungan data pribadi pada ojek daring di Indonesia, terdiri dari privacy violation experiences (pengalaman pelanggaran perlindungan data pribudi) privacy concern (kepedulian perlindungan data pribadi), risk beliefs (potensi kerugian yang dirasakan), trusting beliefs (kepercayaan terhadap penyedia layanan), dan behavioral intention (keinginan memberikan data pribadi). Dari hasil pengolahan data, diketahui bahwa pengalaman pelanggaran data pribadi tidak berpengaruh negatif terhadap kewaspadaan pelanggan dalam perlindungan data pribadi. Kewaspadaan pelanggan dalam perlindungan data pribadi tidak berpengaruh negatif pada tingkat kepercayaan pelanggan dan keinginan memberikan data pribadi. Namun hal tersebut berpengaruh positif pada potensi risiko yang dirasakan. Penelitian ini memberikan rekomendasi penyedia layanan ojek daring untuk mengembangkan inovasi TI perlindungan data yang lebih konkret, memperbaiki kebijakan privasi agar lebih mudah dimengerti, dan memberikan akses kontrol pelanggan. Kata Kunci: Data pribadi, perlindungan data pribadi, ojek daring, partial least square-structural equation modeling