Tidak ada review pada koleksi ini: 46273
ABSTRAK Nama : Paramitha Putri Indraswari Program Studi : Sistem Informasi Judul : Online Service Quality, Relational Quality, dan Pengaruhnya Terhadap Penggunaan Kembali Aplikasi Ride-Sharing Uber
Kemajuan teknologi dalam ranah e-commerce saat ini sudah mempengaruhi dalam bisnis transportasi. Bisnis yang menawarkan jasa tumpangan berbayar telah dibentuk dalam aplikasi yang mudah diakses oleh masyarakat atau disebut aplikasi ride-sharing. Di Indonesia, aplikasi ride-sharing yang tersedia meliputi Uber dan kompetitornya Grab Car dan Go Car. Penelitian ini berfokus pada pengaruh online service quality dalam penggunaan kembali aplikasi ride-sharing Uber. Model penelitian yang dibahas adalah online service quality yang berpengaruh langsung terhadap relational quality dan penggunaan kembali Uber. Pembahasan online service quality diperluas lagi menjadi tiga aspek, yaitu pre-purchase service yang membahas layanan yang diberikan oleh Uber untuk pelanggan sebelum melakukan pemesanan tumpangan kendaraan, transactionrelated service yang membahas layanan yang diberikan Uber ketika pengguna Uber memesan tumpangan kendaraan, dan yang terakhir adalah post-purchase service yang membahas layanan yang diberikan oleh Uber setelah pengguna telah menyelesaikan transaksi berkendara. Ketiga aspek tersebut menjadi acuan penulis dalam menentukan online service quality yang dirasakan pengguna Uber dalam menggunakan aplikasi ridesharing tersebut. Online service quality ini berhubungan langsung dengan relational quality yang berfokus pada pelanggan Uber, yaitu customer satisfaction, trust, dan commitment sehingga penulis dapat menentukan apakah pengguna ingin menggunakan Uber kembali. Pada penelitian ini diperoleh 1259 responden yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali dan kota lainnya. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan tools SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa online service quality mempengaruhi relational quality kecuali pada variabel privacy & security dan relational quality berpengaruh pada continuity usage intention kecuali pada variabel trust.
Kata kunci: SmartPLS 3.0, online service quality, pre-purchase service, transaction-related service, post-purchase service, relational quality, customer satisfaction, trust, commitment, continuance intention, Uber, ride-sharing application, structural equation modelling.