Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1654 (Softcopy SK-1136)
Collection Type Skripsi
Title Dampak dari atributdesain dan kinerja aplikasi terhadap emosi dan niat penggunaan berkelanjutan mobile payment studi kasus pada go-pay
Author Claudia Teresa Br Singalingging;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2018
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1654 (Softcopy SK-1136) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46276
ABSTRAK Nama : Claudia Teresa Br Sigalingging Program Studi : Sistem Informasi Judul : Dampak dari Atribut Desain dan Kinerja Aplikasi terhadap Emosi dan Niat Penggunaan Berkelanjutan Mobile Payment: Studi Kasus pada Go-Pay Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi continuance intention pengguna pada layanan mobile payment Go-Pay. Faktor yang dievaluasi adalah atribut desain yang meliputi user interface attractiveness, privacy and security, convenience, dan atribut kinerja yang meliputi compatibility, ease of use, relative advantage, service quality. Kedua faktor desain dan kinerja tersebut kemudian dilihat dampaknya dalam pembentukan emosi positif dan negatif pengguna dalam pengguna Go-Pay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total data berasal dari 1275 responden yang pernah menggunakan Go-Pay. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode CB-SEM pada AMOS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa privacy and security dan convenience yang merupakan atribut kinerja berpengaruh dalam membentuk emosi negatif pengguna, sedangkan emosi positif pengguna sepenuhnya ditentukan oleh atribut kinerja dari mobile payment yaitu compatibility, relative advantage, dan service quality. Ditemukan juga bahwa emosi positif dan emosi negatif keduanya sama-sama berkontribusi untuk meningkatkan continuance intention penggunaan mobile payment Go-Pay dan emosi positif adalah variabel yang paling kuat mempengaruhi keinginan untuk terus menggunakan Go-Pay. Kata Kunci: Penggunaan Berkelanjutan, mobile payment, emosi, emosi positif, emosi negatif, consumer engagement, desain aplikasi, kinerja aplikasi