Call Number | T-1233 (Softcopy T-941) Source Code T-312, Mak 40 |
Collection Type | Tesis |
Title | Inductive learning secara incremental pada answer set programs untuk pembuatan peta permainan |
Author | Julio Christian Young; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-1233 (Softcopy T-941) Source Code T-312, Mak 40 | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Julio Cristian Young Program Studi : 1706005804 Judul : Inductive Learning secara Incremental pada Answer Set Programs untuk Pembuatan Peta Permainan Procedural Content Generation (PCG) merupakan pendekatan yang digunakan untuk menggantikan perancang dalam proses pembuatan konten permainan. Sebagai salah satu upaya untuk mencari pendekatan PCG yang lebih baik, dalam penelitian digunakan metode Inductive Learning (IL) pada Answer Set Programs (ASP). Dalam penelitian, metode IL pada ASP digunakan dengan mendefinisikan proses pembelajaran secara incremental. Berdasarkan definisi proses pembelajaran secara incremental, metode IL pada ASP digunakan untuk mempelajari sekumpulan rule terkait dengan pembuatan peta permainan. Proses pembelajaran secara incremental dilakukan dengan memecah sebuah tugas pembelajaran IL pada ASP ke dalam kumpulan tugas pembelajaran dalam barisan iterasi pembelajaran. Untuk mempercepat proses pembelajaran, pencarian solusi dari tugas-tugas pembelajaran pada iterasi yang sama dilakukan secara asinkron (tidak saling menunggu antara yang satu dengan yang lain). Berdasarkan definisi dari proses pembelajaran secara incremental, dengan merepresentasikan sekumpulan peta permainan acuan secara deklaratif sebagai contoh positif dan contoh negatif dibuat sebuah skenario pembelajaran yang akan menghasilkan sekumpulan rule terkait dengan pembuatan peta permainan. Berdasarkan skenario pembelajaran yang telah dirancang, metode IL pada ASP berhasil menghasilkan sebuah answer set program yang dapat digunakan untuk menghasilkan variasi peta permainan yang memiliki karakteristik yang sama dengan peta permainan acuan. Penelitian yang dilakukan berkontribusi dalam menemukan PCG baru yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada domain PCG. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa proses pembelajaran secara incremental dapat menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan tugas pembelajaran non-incremental. Kata Kunci: PCG; IL pada ASP; proses pembelajaran ASP secara incremental. viii