Call Number | SK-0496 |
Collection Type | Skripsi |
Title | Implementasi penghalusan objek permukaan tiga dimensi berbasis segitiga dengan algoritme loop/ Hendry |
Author | Hendry; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2002 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-0496 | 02/9558 | TERSEDIA |
Tugas akhir ini mengimplementasikan suatu proses penghalusan terhadap objek permukaan yang terdiri dari himpunan mesh segitiga. Metode yang digunakan untuk membangkitkan permukaan adalah metode yang diperkenalkan oleh Charles Teorell Loop. Metode tersebut bekerja berdasarkan proses subdivision secara rekursif terhadap mesh input sehingga menghasilkan bagian permukaan yang halus. Proses subdivision loop memiliki keunggulan dibandingkan dengan proses subsivision yang diimplementasikan pada teori spline antara lian, metode ini mampu bekerja pada titik-titik kontrol yang tidak mempunyai struktur yang teratur. Implementasi pembangkit dan editor permukaan ini mengguanakan bahasa pemrograman Java TM. Bahasa pemrograman ini dipilih karena cukup lengkapnya library grafis 3D (Java 3D TM) yang sediakan sehingga membantu menghindari implementasi grafis low level.