Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1683 (Softcopy SK-1165)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor Push, Pull, dan Mooring (PPM) yang Memengaruhi Switching Intention Pembeli dalam Pengalaman Berbelanja Online dari Social Commerce ke E-commerce
Author Fajar Marseto;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1683 (Softcopy SK-1165) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46653
ABSTRAK Nama : Fajar Marseto Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor Push, Pull, dan Mooring (PPM) yang Memengaruhi Switching Intention Pembeli dalam Pengalaman Berbelanja Online dari Social Commerce ke E-commerce Penggunaan social commerce banyak dilakukan bagi orang yang suka bersosialisasi dan berbelanja dalam satu platform. Namun, saat ini berbelanja di social commerce rentan terhadap penipuan sehingga e-commerce masih dapat diandalkan dalam menjamin keamanan dan kemudahan bertransaksi. Dengan menggunakan model push-pull-mooring (PPM), penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana faktor push, pull, dan mooring dapat membentuk niat beralih (switching intention) konsumen dalam berbelanja online dari social commerce ke e-commerce. Faktor push sebagai faktor yang mendorong pembeli untuk meninggalkan social commerce. Faktor pull sebagai faktor yang menarik pembeli untuk menggunakan e-commerce. Faktor mooring sebagai faktor yang dapat menfasilitasi atau menghambat pembeli beralih dalam berbelanja online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan survei online yang diisi oleh 1.287 konsumen Indonesia yang pernah berbelanja online melalui social commerce dan e-commerce. Proses analisis data menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan SmartPLS (v. 3.2.8). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor push termasuk familiarity memiliki pengaruh positif dalam mendorong konsumen meninggalkan social commerce, sedangkan faktor pull terdiri dari security concern dan ease of use memengaruhi secara positif dalam menarik konsumen menggunakan e-commerce. Sementara itu, faktor mooring yang terdiri dari hedonic motivations, habit, dan facilitating conditions mempengaruhi secara positif terhadap niat beralih konsumen. Kata kunci: switching intention, push-pull-mooring, e-commerce, social commerce Keywords: switching intention, push-pull-mooring, e-commerce, social commerce