Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1722 (Softcopy SK-1204)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi usability alur pembelian barang pada platform e-Commerce versi mobile : Studi Kasus: Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak
Author Bella Nadhifah Agustina;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1722 (Softcopy SK-1204) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46685
ABSTRAK Nama : Bella Nadhifah Agustina Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi usability alur pembelian barang pada platform e-Commerce versi mobile : Studi Kasus: Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak Pembimbing : Harry Budi Santoso, Ph.D dan Suci Fadhilah S.Kom., M.A. Di era saat ini, transaksi jual-beli dapat dilakukan melalui e-commerce platform. Dengan adanya kebutuhan yang cukup banyak dari masyarakat, berbagai macam e-Commerce muncul. Beberapa e-Commerce yang terkemuka di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Proses jual-beli barang merupakan aktivitas mendasar dan utama pada e- Commerce. Akibatnya, desain sistem dalam melakukan jual-beli harus menjadi perhatian utama. Batasan penelitian ini adalah mengkaji aktivitas pembelian barang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan usability alur pembelian barang. Evaluasi usability dilakukan menggunakan metode mixed methods dengan menggabungkan data kuantitatif dengan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh menggunakan kuesioner daring, sedangkan data kualitatif didapatkan menggunakan usability testing dengan pemetaan terhadap Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Kuesioner daring dilakukan untuk melakukan validasi masalah dan menemukan permasalahan yang umum terjadi pada proses pembelian barang. Usability testing dilakukan untuk menemukan permasalahan proses pembelian barang lebih mendalam. Dari keseluruhan studi yang dilakukan, didapati permasalahan yang perlu diperbaiki dari ketiga platform. Desain alternatif dirancang untuk memperbaiki permasalahan yang ditemukan dari ketiga platform studi kasus. Setelah itu, evaluasi kualititatif dilakukan kembali untuk melakukan evaluasi terhadap desain alternatif yang telah dirancang. Kata kunci: Checkout, consumer buying decision process, e-commerce, mobile application, usability