Call Number | KP-3146 |
Collection Type | Kerja Praktek (KP) |
Title | Peningkatan Conversion Rate Justika Melalui Perbaikan Performa Chatbot, Penawaran Layanan Konsultasi Chat, dan Pengembangan Fitur Advokat Beken |
Author | Swastinika Naima Moertadho; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KP-3146 | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Swastinika Naima Moertadho Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Peningkatan Conversion Rate Justika Melalui Perbaikan Performa Chatbot, Penawaran Layanan Konsultasi Chat, dan Pengembangan Fitur Advokat Beken Laporan ini membahas pengalaman penulis dalam meningkatkan conversion rate pelanggan selama magang sebagai Product Intern di PT Justika Media Indonesia. Dalam sepuluh minggu, penulis mengembangkan tiga produk, yaitu chatbot Justika, fitur konsultasi melalui chat, dan penawaran konsultasi dengan advokat beken. Pengembangan chatbot Justika meliputi perbaikan user experience chatbot berupa greeting serta path dari script chatbot. Konsultasi melalui chat merupakan layanan baru yang ditawarkan untuk pengguna Justika yang memiliki waktu serta biaya terbatas untuk berkonsultasi. Fitur advokat beken merupakan sebuah booking process baru di Justika dimana pengguna dapat menjadwalkan konsultasi dengan advokat terkenal seharga 100 rupiah. Penulis mengembangkan ketiga fitur tersebut berdasarkan product design checklist Justika dan didasari oleh data riset yang dilakukan. Pada awal masa magang, penulis merasa enggan dan bingung untuk bertanya, sehingga penulis banyak melakukan brainstorming dengan anggota tim serta belajar dari feedback yang didapatkan mengenai pekerjaan penulis. Selain itu, penulis juga merasa kekurangan ilmu teknis dalam menjalani magang, sehingga penulis banyak melakukan riset sendiri mengenai materi. Kata kunci: Chatbot, konsultasi chat, advokat beken, product, product development, product design, user experience, conversion rate