Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1753 (Softcopy SK-1235)
Collection Type Skripsi
Title Perancangan Desain Interaksi Aplikasi E-Learning Pendidikan Nonformal berdasarkan E-Learning Readiness Calon Pengguna. Studi Kasus: Ilmu Parenting
Author Devi Afrilia Sinikite;
Publisher Depok: Fkultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject Depok, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1753 (Softcopy SK-1235) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 47452
ABSTRAK Nama : Devi Afrilia Sinikite Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perancangan Desain Interaksi Aplikasi E-Learning Pendidikan Nonformal berdasarkan E-Learning Readiness Calon Pengguna. Studi Kasus: Ilmu Parenting Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Revolusi digital turut mempengaruhi segala aspek pola interaksi masyarakat termasuk akses sumber ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menawarkan revolusi lingkungan belajar yang membuat ruang belajar lebih fleksibel dan diperuntukkan bagi peserta didik yang kesulitan dalam menghadiri kelas konvensional tatap muka. Di sisi lain, urgensi kebutuhan pada ilmu parenting yang selama ini dilalui masyarakat hanya sebatas mendengarkan cerita/mitos dari orang tua terdahulu tanpa keterlibatan para pakar didalamnya, ternyata memerlukan media untuk menjadi sumber akses ilmu parenting di tengah masyarakat. Penelitian memanfaatkan e-Learning sebagai media penyampaian ilmu parenting. Untuk mencapai keberhasilan dalam penerapan eLearning, diperlukan mengetahui tingkat e-Learning readiness calon pengguna serta metode desain interaksi yang dapat fokus secara efektif pada kebutuhan populasi pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods. Pada tahap pengumpulan data kebutuhan, digunakan studi kuantitatif dengan penyebaran kuesioner untuk menemukan demografi calon pengguna serta melihat e-Learning readiness calon pengguna dan untuk perolehan data kualitatif dilakukan wawancara pengumpulan data kebutuhan. Adapun perancangan menggunakan metode User-Centered Design dan beberapa prinsip desain visual dan desain interaksi. Pada tahapan evaluasi menggunakan Usability Testing (UT) dan kuesioner System Usability Scale (SUS). Penelitian memperoleh skor SUS yaitu 82.33 dimana berada pada posisi peringkat A. Akan tetapi terdapat beberapa rekomendasi perbaikan yang diperoleh dari UT. Untuk penilaian eLearning readiness, menunjukkan populasi calon pengguna telah cukup siap namun terdapat beberapa variabel yang perlu ditingkatkan agar penerapan e-Learning khusus ilmu parenting mencapai keberhasilan. Kata kunci: e-Learning, e-Learning Readiness, Ilmu Parenting, Usability, UserCentered Design