Call Number | KA-1332 (Softcopi KA-1324) MAK KA-975 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Adopsi Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Serta Pengaruhnya Terhadap Brand Awareness, Brand Image, Dan Purchase Intention Pada DOMAIN .ID |
Author | Mieke Eka Putri; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2020 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1332 (Softcopi KA-1324) MAK KA-975 | Ind | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama Mieke Eka Putri Program Studi Magister Teknologi Informasi Judul Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Adopsi Electronic Word of Mouth di Media Sosial serta Pengaruhnya terhadap Brand Awareness, Brand Image, dan Purchase Intention pada Domain id Prof. Yudho Giri Sucahyo, Ph.D. Pembimbing Domain id adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi individu personal atau institusi baik privat maupun publik di Internet dari Indonesia. Berdasarkan data dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) selaku registri dari domain id, sampai akhir tahun 2018, jumlah registran domain id berada di bawah target satu juta registran yang diharapkan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Saat ini PANDI sedang fokus untuk meningkatkan diadopsinya Electronic Word of Moth (eWOM) mengenai domain id di media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran digital domain id Oleh karena itu pada karya akhir ini dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa yang memengaruhi adopsi eWOM terkait domain id serta menganalisis apakah diadopsinya domain id dapat memengaruhi brand awareness, brand image, serta purchase intention domain id. Penelitian ini menggunakan model penelitian gabungan dari beberapa penelitian terdahulu. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan survei kuesioner online. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan hasil uji hipotesis terkait faktor yang memengaruhi diadopsinya eWOM, source credibilty memengaruhi kredibilitas informasi dan kredibilitas informasi memengaruhi diadopsinya eWOM mengenai domain id di media sosial. Selain itu, eWOM memengaruhi brand awareness, brand image, dan sikap seseorang terhadap domain id. Sikap seseorang terhadap domain id memengaruhi secara positif purchase intention domain .id. Kata kunci: domain, top level domain, PANDI, id, eWOM, brand awareness, brand image, purchase intention