Call Number | T-1285 (Softcopy T-993) Mak T-84 |
Collection Type | Tesis |
Title | Kerangka Kerja Pengembangan Knowledge management systems yang Mendukung Inovasi Layanan Publik: Studi Kasus Lembaga Administrasi Negara dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi |
Author | Riswanto; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-1285 (Softcopy T-993) Mak T-84 | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Riswanto Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Kerangka Kerja Pengembangan Knowledge management systems yang Mendukung Inovasi Pelayanan Publik: Studi Kasus Lembaga Administrasi Negara dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Pembimbing : Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D. Agenda Reformasi Birokrasi yang dicanangkan pemerintah Republik Indonesia menempatkan manajemen pengetahuan sebagai salah satu pilar dalam pencapaian visi reformasi birokrasi. Knowledge management system sebagai alat bantu teknologi informasi, dapat dimanfaatkan untuk mengelola pengetahuan dalam mendukung proses inovasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan mengusulkan kerangka kerja pengembangan knowledge management systems yang mendukung inovasi pelayanan publik dengan studi kasus pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Lembaga Administrasi Negara sebagai instansi pembina inovasi publik. Kerangka kerja usulan merupakan hasil modifikasi Fernandez’s methodology yang dipilih dari hasil evaluasi 5 (lima) metode pengembangan knowledge management systems menggunakan teknik Analythical Hierarchy Process (AHP). Metode tersebut selanjutnya digabungkan dengan komponen kerangka kerja dalam tahapan siklus pengembangan sistem mulai dari perencanaan, analisis, desain, dan implementasi sebagai kerangka kerja usulan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian campuran (mixed-method) dengan tahapan penelitian meliputi evaluasi kandidat metode pengembangan KMS menggunakan teknik AHP, menentukan target pengetahuan yang dibutuhkan dalam inovasi pelayanan publik, dan menggabungkannya kedalam satu siklus pengembangan sistem yang kompeherensif. Penilaian pakar (expert judgement) dilakukan untuk memvalidasi kerangka kerja yang diusulkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah kerangka kerja pengembangan knowledge management systems yang mendukung inovasi pelayanan publik. Kata Kunci: Framework, kerangka Kerja, manajemen pengetahuan, knowledge management system