Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1839 (Softcopy SK-1321)
Collection Type Skripsi
Title Analisis pengaruh online review terhadap actual purchases dalam e-commerce di Indonesia
Author Ihsan Putrananda;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1839 (Softcopy SK-1321) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48545
ABSTRAK Nama : Ihsan Putrananda Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Online Review Terhadap Actual Purchases dalam Ecommerce di Indonesia Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro S.Kom., M.Sc. E-commerce merupakan salah satu platform berbasis online yang mewadahi interaksi antara penjual toko dan pembeli produk, yang mana setiap penjual dapat memberikan berbagai jenis produk untuk dipasarkan. Dalam setiap transaksi berbelanja di ecommerce, terdapat sebuah fitur, yaitu online review yang digunakan pengguna ecommerce untuk melihat ulasan produk yang telah dibeli oleh pelanggan sebelumnya. Online review selalu dipandang sebagai sumber informasi penting yang memungkinkan pembeli online menilai kualitas produk sebelum berbelanja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online review terhadap keputusan seseorang untuk berbelanja secara online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang terkumpul sejumlah 681 responden. E-commerce yang menjadi rujukan adalah lima e-commerce terbaik yang ada di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan Bukalapak. Data yang dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variabel penelitian yang paling berpengaruh, yaitu perceived credibility dan implikasi praktis pemberian reward kepada penulis online review menjadi hal yang signifikan terhadap pengaruh online review terhadap purchase decision. Kata kunci: e-commerce, online review, CB-SEM, AMOS, perceived credibility, purchase decision