Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Pengarang Ihsan Putrananda;
Pembimbing Putu Wuri Handayani
Kata Kunci e-commerce, online review, CB-SEM, AMOS, perceived credibility, purchase decisions
Tahun buku 2021
Barcode RFID baru 11701942
Tahun Angkatan 2016
Progam Studi Sistem Informasi
Lokasi FASILKOM-UI;
Tanggal Datang 28/07/2021
Abstrak Indonesia ABSTRAK Nama : Ihsan Putrananda Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Online Review Terhadap Actual Purchases dalam Ecommerce di Indonesia Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro S.Kom., M.Sc. E-commerce merupakan salah satu platform berbasis online yang mewadahi interaksi antara penjual toko dan pembeli produk, yang mana setiap penjual dapat memberikan berbagai jenis produk untuk dipasarkan. Dalam setiap transaksi berbelanja di ecommerce, terdapat sebuah fitur, yaitu online review yang digunakan pengguna ecommerce untuk melihat ulasan produk yang telah dibeli oleh pelanggan sebelumnya. Online review selalu dipandang sebagai sumber informasi penting yang memungkinkan pembeli online menilai kualitas produk sebelum berbelanja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online review terhadap keputusan seseorang untuk berbelanja secara online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang terkumpul sejumlah 681 responden. E-commerce yang menjadi rujukan adalah lima e-commerce terbaik yang ada di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan Bukalapak. Data yang dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variabel penelitian yang paling berpengaruh, yaitu perceived credibility dan implikasi praktis pemberian reward kepada penulis online review menjadi hal yang signifikan terhadap pengaruh online review terhadap purchase decision. Kata kunci: e-commerce, online review, CB-SEM, AMOS, perceived credibility, purchase decision
Judul Analisis pengaruh online review terhadap actual purchases dalam e-commerce di Indonesia
NPM 1606918276
Abstrak English ABSTRACT Name : Ihsan Putrananda Study Program : Information System Title : Analysis of the Influence of Online Reviews on Actual Purchases in Ecommerce in Indonesia Counsellor : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro S.Kom., M.Sc. E-commerce is an online-based platform that facilitates interaction between store sellers and product buyers, where each seller can provide various types of products to market. In every shopping transaction in e-commerce, there is a feature, which is an online review used by users of e-commerce to see products that have been purchased by the previous customer. Online reviews are always seen as an important source of information that allows online shoppers to assess the quality of a product before shopping. Therefore, this study aims to determine how much influence online reviews have on a person's decision to shop online in Indonesia. This study uses quantitative methods with data collected by a number of 681 respondents. The reference e-commerce is the five best e-commerce in Indonesia, namely Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, and Bukalapak. The data collected was then analyzed using the Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method with the help of the AMOS 24 application. The results of this study indicate that there are the most influential research variables, namely perceived credibility and the practical implications of giving rewards to online review authors are significant to the effect of online reviews on purchase decisions. Key words: e-commerce, online review, CB-SEM, AMOS, perceived credibility, purchase decisions
Penguji 2 Indra Budi
Pembimbing 1 Fatimah Azzahro
Fisik xviii, 147 hlm.: ill. 30 cm.
Bahasa ind
Penerbitan Depok: Fasilkom UI, 2021
No. Panggil SK-1839 (Softcopy SK-1321)
Penguji 1 Panca Oktavia Hadi Putra
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1839 (Softcopy SK-1321) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48545
ABSTRAK Nama : Ihsan Putrananda Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Online Review Terhadap Actual Purchases dalam Ecommerce di Indonesia Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro S.Kom., M.Sc. E-commerce merupakan salah satu platform berbasis online yang mewadahi interaksi antara penjual toko dan pembeli produk, yang mana setiap penjual dapat memberikan berbagai jenis produk untuk dipasarkan. Dalam setiap transaksi berbelanja di ecommerce, terdapat sebuah fitur, yaitu online review yang digunakan pengguna ecommerce untuk melihat ulasan produk yang telah dibeli oleh pelanggan sebelumnya. Online review selalu dipandang sebagai sumber informasi penting yang memungkinkan pembeli online menilai kualitas produk sebelum berbelanja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online review terhadap keputusan seseorang untuk berbelanja secara online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang terkumpul sejumlah 681 responden. E-commerce yang menjadi rujukan adalah lima e-commerce terbaik yang ada di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan Bukalapak. Data yang dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variabel penelitian yang paling berpengaruh, yaitu perceived credibility dan implikasi praktis pemberian reward kepada penulis online review menjadi hal yang signifikan terhadap pengaruh online review terhadap purchase decision. Kata kunci: e-commerce, online review, CB-SEM, AMOS, perceived credibility, purchase decision