Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1848 Softcopy SK-1330
Collection Type Skripsi
Title Analisi pengaruh dimensi kualitas informasi dari electronic word-of-mouth terhadap perilaku pembelian produk konsumen di online marketplace
Author Ringgi Cahyo Dwiputra;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonsia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1848 Softcopy SK-1330 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48696
ABSTRAK Nama: Ringgi Cahyo Dwiputra Program Studi: Sistem Informasi Judul Skripsi: Analisi pengaruh dimensi kualitas informasi dari electronic word-of-mouth terhadap perilaku pembelian produk konsumen di online marketplace Pembimbing: Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. & Fathia Prinasiti Sunarso, S.Kom., M.Sc Ulasan daring sebagai salah satu bentuk electronic word-of-mouth (EWOM) telah terbukti memotivasi konsumen untuk berbelanja melalui online maketplace di Indonesia. Namun, kebebasan konsumen dalam memberikan ulasan mengakibatkan terjadinya inkonsisten kualitas informasi yang berpengaruh terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen. Selain itu, masih banyak online marketplace yang belum menyediakan fitur untuk menyaring informasi yang relevan, terbaru, akurat, atau lengkap pada ulasan. Peneletian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dimensi kualitas informasi dari EWOM terhadap keputusan pembelian produk di online marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dimensi kualitas informasi dari EWOM terhadap keputusan pembelian produk di online marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 1.266 masyarakat indonesia penggunaan online marketplace yang pernah berbelanja dan membaca ulasan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Data diolah dengan metode covariance-based structural equation modeling menggunakan AMOS24. Hasik penelitian menunjukan bahwa ke empat dimensi kualitas informasi EWOM, yaitu relevance, timeliness, accuracy, dan comprehensiveness memengaruhi information quality secara signifikan. Selain itu, information quality memengaruhi social psychological distance dan trust secara segnifikan. Lalu, social psychological distance memengaruhi trust secara signifikan dan memediasi hubunga antara information quality dengan trust. Selanjutnya, trust memengaruhi purchase intention secara signifikan. Terakhir, purchase intention memengaruhi purchase decision secara signifikan. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan untuk membantu penyedia layanan online marketplace dalam mengembangkan fitur ulasan yang lebih baik. Kata kunci: Kualitas Informasi, electronic word-of-mouth, perilaku pembelian produk, online marketplace, indonesia.