Tidak ada review pada koleksi ini: 49056
ABSTRAK
Nama : Dwipuspa Ramadhanti Santoso
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Resistansi Adopsi
Online Marketplace pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di
Indonesia
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom., M.Sc. & Fatimah Azzahro
S.Kom., M.Sc.
Saat ini, angka penggunaan e-commerce terus meningkat di Indonesia. Namun, tingkat
adopsinya pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masih berkisar 13%.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi resistansi
adopsi online marketplace sebagai jenis e-commerce yang paling banyak digunakan di
Indonesia dengan menerapkan Technological-Organizational-Environmental (TOE)
Framework, Diffusion of Innovations (DOI) Theory, dan Innovation Resistance Model
(IRM). Responden terdiri atas 356 pemilik UMKM Business-to-Consumer (B2C) dan
Consumer-to-Consumer (C2C) di Indonesia. Sebagai pendekatan kuantiatif, metode
Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) diterapkan untuk mengolah
data. Kompleksitas (perceived complexity), kemampuan pemilik (owner’s self-efficacy),
dan infrastruktur sekitar (enabling conditions) ditemukan memengaruhi keyakinan atas
kontrol suatu perilaku (perceived behavioural control). Kemudian, kompleksitas
(perceived complexity) juga ditemukan memengaruhi risiko (perceived risk). Di sisi lain,
dukungan pemerintah (government support) ditemukan tidak memengaruhi keyakinan
atas kontrol suatu perilaku (perceived behavioural control). Pendekatan kualitatif
dilakukan melalui wawancara untuk menggali informasi lebih lanjut. Pada akhirnya,
risiko (perceived risk) dan keyakinan atas faktor-faktor di sekitar (perceived behavioural
control) ditemukan memengaruhi resistansi adopsi (resistance to adopt online
marketplace). Penemuan pada penelitian ini diharapkan memicu solusi berupa
simplifikasi fitur-fitur pada platform online marketplace bagi penjual, literasi digital
pemilik UMKM, pemerataan infrastruktur Indonesia, hingga penggencaran dukungan
pemerintah dengan komunikasi dan penyuluhan yang efektif.
Kata kunci:
Online marketplace, UMKM, Indonesia, technological-organizational-environmental
framework, diffusion of innovations theory, innovation resistance model, CB-SEM