Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1359 (Softcopy T-1068) Mak T-159
Collection Type Tesis
Title Desain Antarmuka Dan Interaksi Forum Diskusi Daring Asinkron Untuk Pembelajaran Nahwu Berkerangka Kerja Komunitas Inkuiri
Author Hisyam Athaya;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1359 (Softcopy T-1068) Mak T-159 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51342
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Hisyam Athaya Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Desain Antarmuka dan Interaksi Forum Diskusi Daring Asinkron untuk Pembelajaran Nahwu Berkerangka Kerja Komunitas Inkuiri Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembelajaran bahasa Arab berbantukan komputer memanfaatkan teknologi untuk membantu dan mendukung pelajar dalam perolehan bahasa kedua (second language acquisition). Salah satu bentuk implementasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab adalah melalui pembelajaran bahasa Arab berbasis teks menggunakan forum diskusi daring asinkronus. Salah satu pedagogi yang mendukung terjadinya interaksi dalam pembelajaran adalah kerangka kerja Komunitas Inkuiri (Community of Inquiry/CoI), dimana interaksi partisipan pada aktivitas inkuiri digambarkan dalam tiga kehadiran: kehadiran sosial, kehadiran kognitif dan kehadiran pengajaran. Penelitian ini berfokus dalam pembelajaran Nahwu (ilmu tata bahasa Arab) menggunakan metode langsung berbasis teks pada forum diskusi daring asinkronus berkerangka kerja Komunitas Inkuiri. Penggunaan metode langsung pada pembelajaran bahasa Arab merujuk pada pembelajaran bahasa tanpa menggunakan perantara terjemahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendefinisikan kebutuhan desain. Wawancara eksploratif dilakukan dengan narasumber dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor yang menggunakan metode langsung sepenuhnya dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab. Hasil wawancara diolah secara kualitatif untuk mendapatkan kebutuhan desain prototipe. Dua skenario pembelajaran Nahwu untuk memfasilitasi interaksi pengguna pada aktivitas perkenalan dan diskusi materi pembelajaran Nahwu dikembangkan sebagai luaran dari desain interaksi. Penelitian ini juga menghasilkan rancangan antarmuka yang memfasilitasi interaksi forum diskusi daring asinkronus yang didesain menggunakan metode user-centered design (UCD) dan pendekatan learner-centered design (LCD). Untuk mengetahui masukan dan persepsi pengguna, pengujian kontekstual dilakukan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor yang hasilnya menunjukkan bahwa prototipe mampu memfasilitasi interaksi pengguna dalam mempelajari Nahwu melalui diskusi secara daring dan membantu partisipan melakukan kontekstualisasi tiga kehadiran kerangka kerja CoI pada aktivitas diskusi tersebut. Kata Kunci: Nahwu, bahasa Arab, forum diskusi, community of inquiry, user-centered design