Call Number | KA-1722 (Softcopy KA-1713) MAK KA-1359 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Identifikasi dan Analisis Faktor Kunci Kesuksesan pada Perintisan Startup Digital: Studi Kasus Startup Digital di Indonesia |
Author | Kenedi Binowo; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2023 |
Subject | Analysis Factor |
Location | FASILKOM-UI-MTI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1722 (Softcopy KA-1713) MAK KA-1359 | Ind | TERSEDIA |
Nama : Kenedi Binowo Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Identifikasi dan Analisis Faktor Kunci Kesuksesan pada Perintisan Startup Digital: Studi Kasus Startup Digital di Indonesia Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom, M.Kom
Startup digital yang sukses dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, menghasilkan pendapatan bagi negara, menyelesaikan permasalahan, dan meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan banyak orang. Namun, bagi calon pendiri dan stakeholders terkait yang ingin merintis startup-nya, faktor kunci kesuksesan perintisan dalam perintisan startup digital masih bersifat kompleks untuk diketahui faktor sukses perintisannya. Menanggapi hal itu maka tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi dan menganalisis faktor kunci kesuksesan perintisan yang berperan penting dalam tahap perintisan startup digital. Thematic Analysis (TA) adalah metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan perintisan startup digital, sedangkan metode Interpretive Structural Modelling (ISM) digunakan untuk alat analisis penelitian kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dari beberapa sumber yaitu melalui 10 studi literatur terkait, wawancara dari 12 narasumber sebagai Founder/CoFounder startup digital, dan melalui hasil kuesioner dari 6 pakar yang berpengalaman dalam bidang bisnis startup. Hasil identifikasi TA menunjukkan bahwa terdapat 17 faktor kunci yang menjadi faktor keberhasilan dalam perintisan startup digital, yaitu berupa: Peluang bisnis (problem), ide bisnis, tim startup, model bisnis, modal atau funding, produk/jasa, inkubator, validasi, kompetitor, marketing, penguasaan teknologi, analisis market, Founder & Co-Founder, mitra, passion, eksekusi ide, dan empati. Sedangkan temuan analisis ISM menunjukan bahwa faktor tim startup adalah faktor yang paling penting dan paling berpengaruh terhadap kesuksesan perintisan startup digital karena, berada di lingkungan independen, dan top level model hirarki kesuksesan perintisan startup digital, serta mempunyai pengaruh nilai driving power yang lebih besar dalam perintisan startup digital. Berpengaruhnya tim startup karena, memiliki beragam faktor yang terlibat didalamnya, misalnya faktor skill penguasaan teknologi, dan passion yang oleh tim startup secara kolaboratif digunakan untuk menciptakan solusi bagi startup digital demi menyelesaikan permasalahan bagi banyak orang. Memiliki tim startup yang solid akan membuat startup digital berhasil karena, melalui tim startup-lah segala faktor terkait dapat dieksekusi dengan cepat dan mudah. Sehingga bisa berakibat pada kesuksesan perintisan dan keberlanjutan hidup startup. Temuan penelitian ini diharapkan menjadi fondasi bagi siapa saja yang tertarik untuk merintis startup digital.