Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1741 (Softcopy KA-1732) MAK KA-Belum ada
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Evaluasi Agile Teamwork Quality Menggunakan Teamwork Process Antecedents (TPA): Studi Kasus Tim Quality Assurance dalam Pengembangan Mobile Banking ABC Bank XYZ
Author Naufal Athaya Shabah Ramadhan;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2023
Subject Agile Software Development
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1741 (Softcopy KA-1732) MAK KA-Belum ada Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51453
ABSTRAK

Nama : Naufal Athaya Shabah Ramadhan Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Evaluasi Agile Teamwork Quality Menggunakan Teamwork Process Antecedents (TPA): Studi Kasus Tim Quality Assurance dalam Pengembangan Mobile Banking ABC pada Bank XYZ Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Eko K. Budiardjo, M.Sc. Kodrat Mahatma, M.Kom.

Aplikasi mobile banking ABC dikembangkan Bank XYZ dengan menggunakan metodologi Scaled Agile yaitu Spotify Model. Beberapa proses pengembangan masih tidak dijalankan secara optimal, terdapat fakta banyaknya bug pada saat pengembangan (bug list back to dev) sebesar 30% dan komunikasi dan alignment antar squad yang kurang baik. Hal ini menyebabkan beban quality assurance (QA) di akhir sprint meningkat dan berdampak pada naiknya persentase story yang dibawa ke sprint selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kualitas kerjasama (teamwork quality) QA dalam lingkungan pengembangan mobile banking ABC dengan menggunakan metode Teamwork Process Antecedents (TPA) dan dilakukan secara kuantitatif. Data kuesioner yang telah dikumpulkan diuji menggunakan metode uji validitas dan uji reliabilitas dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Rekomendasi hasil evaluasi ini disusun berdasarkan hasil evaluasi, Scrum Guide 2020, dan teori agile testing. Penelitian ini melakukan evaluasi pada enam dari sembilan komponen TPA yaitu interpersonal skills, management skills, technical skills, heterogeneity, role and goal clarity, dan formal leadership. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada proses pengembangan mobile banking ABC terdapat tiga komponen yang ditingkatkan oleh QA yang diantaranya berkaitan dengan interpersonal skills, technical skills, dan formal leadership. Penelitian ini menyusun enam rekomendasi yang tervalidasi untuk meningkatkan teamwork quality QA pada tiga komponen tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi dan rekomendasi pada penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki teamwork QA dalam pengembangan mobile banking ABC pada Bank XYZ.