Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2199 (Softcopy SK-1681)
Collection Type Skripsi
Title Review Helpfulness dari Ulasan Produk Kecantikan pada Aplikasi TikTok: Faktor Penentu dan Pengaruh terhadap Purchase Intention
Author Yasmin Zhafira Fadhila, Nadia Sabrina;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2199 (Softcopy SK-1681) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51520
ABSTRAK Nama : Yasmin Zhafira Fadhila, Nadia Sabrina Program Studi : Sistem Informasi Judul : Review Helpfulness dari Ulasan Produk Kecantikan pada Aplikasi TikTok: Faktor Penentu dan Pengaruh terhadap Purchase Intention Pembimbing : Betty Purwandari, S.Kom., M.Sc., Ph.D. Berkembangnya sebuah tren baru untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform jual beli mendorong pengguna media sosial untuk memberikan ulasan terkait suatu produk. Hal ini berguna untuk mempermudah masyarakat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi review helpfulness dari ulasan produk kecantikan berbentuk short video dan live streaming pada aplikasi TikTok serta menganalisis hubungan review helpfulness terhadap purchase intention. Penelitian ini mengadopsi Information Adoption Model yang banyak digunakan peneliti dalam menjelaskan kebermanfaatan dari sebuah informasi. Penelitian ini terdiri dari dua bagian, pertama terkait dengan ulasan online dalam bentuk short video dan yang kedua terkait dengan ulasan online dalam bentuk live streaming. Analisis kuantitatif pada penelitian ini dilakukan terhadap 533 data bebas outlier pada penelitian 1 dan 342 data pada penelitian 2. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan SmartPLS 4. Pada kedua penelitian ini ditemukan adanya pengaruh yang signifikan dari review helpfulness terhadap purchase intention. Pada penelitian 1 disimpulkan bahwa source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, dan review popularity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap review helpfulness dari ulasan dalam bentuk short video. Pada penelitian 2 ditemukan bahwa review helpfulness dari ulasan dalam bentuk live streaming dipengaruhi oleh source expertise, review relevancy, review completeness, dan perceived enjoyment. Dibuktikan juga adanya pengaruh signifikan dari two-way communication terhadap source trustworthiness. Kata kunci: review helpfulness, purchase intention, produk kecantikan, TikTok, short video, live streaming, PLS-SEM