Call Number | SK-2374 (Softcopy SK-1856) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Digital: Perspektif User Satisfaction dan Personal Innovativeness |
Author | Galan Gahara Triguna Toding/ Muhammad Ihsan Al Farisi/ Yosabad Torando Sirait; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Perspektif User Satisfaction dan Personal Innovativeness |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2374 (Softcopy SK-1856) | TERSEDIA |
Nama : Galan Gahara T. T., M. Ihsan Al Farisi, Yosabad Torando Sirait Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Digital: Perspektif User Satisfaction Dan Personal Innovativeness Pembimbing : Ave Adriana Pinem, S.Kom., M.Kom Teknologi keuangan saat ini berpengaruh terhadap banyak aspek yang mencakup peluang dan tantangan bagi individu, bisnis, dan lembaga keuangan itu sendiri. Dalam bisnis perbankan, penggunaan bank digital terus meningkat seperti yang tercatat pada laba/rugi bersih bank digital di Indonesia pada semester I-2023 terlihat bahwa mayoritas emiten bank digital di Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif. Layanan teknologi informasi dalam dunia fintech (financial technology) ini cukup baru sehingga studi terkait bank digital masih sangat terbatas terutama pembahasan terkait keberlanjutan penggunaannya. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian ini dengan harapan agar dapat menambah wawasan baru mengenai fintech post adoption. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method untuk memperoleh pemahaman mendalam terkait loyalitas yang merangkum keinginan untuk terus menggunakan dan penggunaan nyata bank digital. Data identifikasi variabel penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan 13 narasumber pengguna bank digital dan dianalisis menggunakan thematic analysis. Hasil analisis digunakan untuk membuat model survei yang diisi secara valid oleh 491 responden dan data diolah menggunakan covariance-based structural equation modelling (CB-SEM). Data konfirmasi dikumpulkan melalui wawancara dengan 11 narasumber yang diambil dari responden survei dan dianalisis dengan content analysis. Penelitian ini menggunakan dua perspektif utama yaitu user satisfaction dengan faktor-faktor eksternal (perceived ease of use, perceived usefulness, perceived security, convenience value, economic benefits, integration, perceived aesthetics) dan personal innovativeness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perceived aesthetics memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived ease of use penggunaan bank digital, (2) perceived aesthetics dan perceived ease of use memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived usefulness penggunaan bank digital, (3) perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, dan integration memiliki pengaruh signifikan terhadap satisfaction penggunaan bank digital, sedangkan convenience value, economic benefits, dan perceived aesthetics tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap satisfaction penggunaan bank digital, (4) satisfaction dan personal innovativeness memiliki pengaruh signifikan terhadap continuance intention penggunaan bank digital, dan (5) continuance intention memiliki pengaruh signifikan terhadap actual usage penggunaan bank digital. Untuk meningkatkan intensi keberlanjutan penggunaan, penyedia layanan bank digital harus fokus pada peningkatan kualitas layanan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan proaktif dalam mengadopsi teknologi serta fitur inovatif. Kata Kunci: Financial Technology, Bank Digital, Niat Keberlanjutan Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Keinovatifan Personal, Model Persamaan Struktural