Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2461 (Softcopy SK-1943)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar
Author Puti Adiva;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2024
Subject Learning application
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2461 (Softcopy SK-1943) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55801
ABSTRAK

Nama : Puti Adiva Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Dr. Baginda Anggun Nan Cenka, S.Kom., M.Kom Materi pecahan merupakan materi yang sulit untuk dipelajari. Materi ini menjadi sulit karena adanya beberapa perbedaan bilangan pecahan dengan bilangan bulat – bilangan yang sudah dikenal siswa sebelum mempelajari pecahan. Hal ini perlu menjadi perhatian karena materi pecahan bersifat fundamental yakni diperlukan untuk memahami materimateri yang lebih lanjut. Selain itu, hal ini juga perlu diperhatikan karena pemahaman terkait pecahan adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk memahami berbagai informasi kuantitatif seperti rasio, proporsi, dan persentase. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran pecahan yang di dalamnya diimplementasikan story-telling dan feedback kemudian akan dilihat apakah story-telling dan feedback memberikan pengaruh pada pemahaman dan engagement siswa. Pengembangan aplikasi akan mengadopsi metode User-Centered Design (UCD) dan evaluasi terhadap pengaruh story-telling dan feedback akan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji ANOVA yang dilakukan terhadap tiga versi aplikasi yang dikembangkan, diperoleh bahwa penggunaan story-telling dan penggunaan storytelling bersamaan dengan feedback tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada pemahaman dan engagement siswa. Mempertimbangkan bahwa story-telling dan feedback secara teori memiliki manfaat dalam kegiatan belajar, penelitian ini juga memberikan saran untuk penelitian di masa yang akan datang untuk kembali menemukan bagaimana rancangan aplikasi belajar yang bermanfaat bagi siswa.