Call Number | SK-2494 (softcopy SK-1976) Source Code-887 |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan Platform Quick Commerce: Studi Kasus Pengguna Astro |
Author | Amira Nisrina Nashita / Wayan Angga Putra Aldita; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2025 |
Subject | Analisis faktor |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2494 (softcopy SK-1976) Source Code-887 | TERSEDIA |
Nama Penulis : Amira Nisrina Nashita dan Wayan Angga Putra Aldita Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan Platform Quick Commerce: Studi Kasus Pengguna ASTRO Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. Peningkatan tren belanja online telah menjadi fenomena global yang signifikan, didorong oleh berbagai faktor termasuk kemajuan teknologi, perubahan perilaku konsumen, dan dampak pandemi COVID-19. Akibatnya, berbagai platform belanja online terus berinovasi pada produk-produknya, salah satunya munculnya tren quick commerce yang menawarkan pengiriman cepat, menjadi semakin populer dan dianggap sebagai solusi yang efisien untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan mengadopsi model quality-value-loyalty chain dan model IS continuance, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan platform quick commerce, dengan studi kasus pada pengguna ASTRO. Penelitian ini menggunakan mixed-method dengan melakukan wawancara kualitatif terhadap 10 responden dan mengumpulkan 392 responden valid pada kuesioner untuk penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil kualitatif menggunakan grounded theory serta hasil kuantitatif menggunakan PLS-SEM, penelitian ini memverifikasi komponen kualitas layanan quick commerce dan dimensi nilai yang dirasakan oleh pengguna. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas layanan yang dirasakan terdiri dari 7 atribut yakni, ease of use, web design, assurance, service support, order accuracy, order condition, dan timeliness, serta membagi nilai yang dirasakan menjadi tiga dimensi yakni, price value, hedonic value, dan utilitarian value. Kemudian, mengungkapkan bahwa kualitas layanan memengaruhi niat untuk melanjutkan penggunaan quick commerce melalui nilai dan kepuasan yang dirasakan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk memperluas cakupan aplikasi yang diteliti dan mempertimbangkan variabel demografis serta faktor psikografis yang memengaruhi niat keberlanjutan pengguna terhadap aplikasi quick commerce.