| Call Number | SK-2592 (softcopy SK-2074) | 
| Collection Type | Skripsi | 
| Title | Evaluasi User Interface Usability dan User Exsperience Serta Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Signal-SAMSATPerbaikan Desainj Antarmuka Aplikasi Signal SAMSAT Digital Nasional dengan Pendekatan User-Centered Design | 
| Author | Nisrina Zakiyah Aeni, Savero Arkabuana, Shafa Najwa Nathania; | 
| Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2025 | 
| Subject | user-centered design (UCD), user interface, user experience, usability, | 
| Location | FASILKOM-UI; | 
| Nomor Panggil | ID Koleksi | Status | 
|---|---|---|
| SK-2592 (softcopy SK-2074) | TERSEDIA | 
Nama Penulis 1 / Program Studi : Nisrina Zakiyah Aeni/Sistem Informasi Nama Penulis 2 / Program Studi : Savero Arkabuana/Sistem Informasi Nama Penulis 3 / Program Studi : Shafa Najwa Nathania/Sistem Informasi Judul : Evaluasi User Interface, Usability, dan User Experience serta Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi SIGNAL – Samsat Digital Nasional dengan Pendekatan User-Centered Design. Pembimbing 1 : Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Muhammad Mishbah, S.Kom., M.Kom Transformasi digital dalam pelayanan publik merupakan aspek penting dalam mendukung sistem pemerintahan. Salah satu implementasinya adalah SIGNAL – Samsat Digital Nasional, aplikasi pemerintah yang dikembangkan untuk mendukung layanan perpajakan kendaraan bermotor di Indonesia. Namun, berdasarkan ulasan pengguna di App Store dan Google Play Store, SIGNAL belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna, terutama dalam hal fungsionalitas, teknis, desain antarmuka, pengalaman pengguna, dan usability. Penelitian sebelumnya mengenai SIGNAL tidak ada yang membahas dari sisi evaluasi antarmuka, pengalaman pengguna, dan usability, melainkan lebih membahas tentang sentimen dan tingkat penerimaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aplikasi SIGNAL dengan metode pendekatan User-Centered Design (UCD) dan prinsip Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Evaluasi awal dilakukan dengan kuesioner daring berisi System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ), dan platform Rule8 untuk prinsip Shneiderman. Selain itu, dilakukan wawancara dengan ahli dan pengguna, serta usability testing. Hasil dari tahap ini berupa pembuatan persona, user journey mapping, affinity diagram, dan matriks prioritas. Pada tahap pertama, diperoleh nilai SUS sebesar 56 yang tergolong buruk, dan skala UEQ tergolong rendah. Selain itu, nilai Rule8 menunjukkan bahwa masih terdapat ruang perbaikan untuk desain antarmuka. Tahap evaluasi kedua dilakukan wawancara kontekstual, SUS, Rule8, dan usability testing, yang menghasilkan desain prototipe alternatif dengan skor final SUS 85 serta Rule8 4,5 yang tergolong baik secara desain antarmuka dibandingkan dengan versi desain SIGNAL sebelumnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk aplikasi SIGNAL demi meningkatkan kualitas layanan perpajakan kendaraan bermotor di Indonesia.