Call Number | T-0856 (Softcopy T-0510) |
Collection Type | Tesis |
Title | Pengembangan rencana implementasi manajemen layanan TI berbasis standar ISO 2000 : studi kasus di suatu Institusi Pendidikan Negeri |
Author | Muhammad Kasfu Hammi; |
Publisher | Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 2009 |
Subject | Strategic planning; Information systems; Information technology--Case studies. |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-0856 (Softcopy T-0510) | TERSEDIA |
ABSTRAK Hasil yang ingin dicapai pengguna merupakan alasan kenapa mereka membeli atau menggunakan suatu layanan. kondisi yang sama berlaku pada layanan TI . nilai dari suatu layanan TI kepada pengguna sangat bergantung pada seberapa bagus suatu layanan dapat memfasilitasi hasil ini. seiring dengan semakin tingginya tingkat dependensi organisasi kepada layanan TI maka semakin tinggi pula urgensi implementasi manajamen layanan TI. manajemen layanan TI merupakan komponen yang memungkinkan penyedia layanan untuk memahami layanan yang mereka sediakan, memastikan bahwa layanan tersebut benar-benar memfasilitasi hasil yang akan dicapai oleh pengguna dan untuk mengelola biaya serta resiko yang berkaitan dengan layanan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model perencanaan implementasi manajemen layanan TI mengacu pada standard dan kerangka kerja manajemen layanan TI, ISO 20000 dan ITIL. hasil dari penelitian ini mendefinisikan proses-proses apa saja yang harus dilakukan untuk merencanakan manajemen layanan TI yang merupakan bagian dari siklus Plan-Do-Check-Act implementasi manajemen layanan TI. Kata Kunci: Manajemen Layanan TI, Rencana Implementasi xvii + 80 halaman; 18 gambar, 13 tabel, 5 lampiran; Daftar Acuan: 24 (2002-2008)