Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-0870 (Softcopy SK-352) Source code SK-308
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan e-training berbasis pembelajaran kontekstual: studi kasus pusat pendidikan dan pelatihan badan pusat statistik indonesia
Author Nafisah;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2010
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0870 (Softcopy SK-352) Source code SK-308 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 31742
Permasalahan yang sering muncul pada pelaksanaan training yang ada pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan adalah terbatasnya alokasi dana, waktu, dan tempat pelaksanaan. Program training dengan peserta yang tersebar di seluruh penjuru provinsi di Indonesia menjadi hambatan tersendiri bagi efektifitas pelaksanaan training. Training yang dilakukan secara online atau yang dapat disebut dengan istilah e-training dapat menjadi solusi pelaksanaan training dengan cara yang lebih convenient beserta cakupan akses informasi pengetahuan yang lebih luas. Dalam pengembangannya, untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif pada e-training dibutuhkan sebuah analisis disain pembelajaran yang mendukung. Dalam hal ini, penulis menggunakan konsep pembelajaran kontekstual sebagai pendekatan disain pembelajaran. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu pengajar mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta ajar dan mendorong peserta ajar membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan. Parameter-parameter yang berasal dari komponen dan strategi pembelajaran kontekstual digunakan sebagai requirement sistem untuk mendukung proses training yang efektif. Selain itu, disain pembelajaran yang dirancang mengacu pada upaya menciptakan lingkungan pembelajaran aktif dan mandiri yang sesuai dengan konsep pembelajaran orang dewasa (andragogi). Dari hasil penelitian ini, penulis telah berhasil mengembangkan model e-training dengan pendekatan pembelajaran kontekstual.