Call Number | KA-135 (Softcopy KA-135) |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Rancangan arsitektur customer relationship management (CRM) pada perusahaan jasa surveyor: studi kasus PT. Surveyor Indonesia |
Author | Fachlul Infithar; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011 |
Subject | Customer relationship management (CRM) |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-135 (Softcopy KA-135) | Indonesia | TERSEDIA |
Customer Relationship Management (CRM), merupakan suatu strategi yang dapat digunakan untuk mempererat hubungan antar perusahaan dengan pelanggan. Selain dapat digunakan untuk mempertahankan pelanggan lama, CRM juga dapat di gunakan untuk mendapatkan pelanggan baru bagi perusahaan. Penerapan CRM ini akan sangat membantu perusahaan dalam menjalankan strategi bisnisnya. Perusahaan jasa surveyor merupakanperusahaan yang melakukan kegiatan surveyor dimana kegitan tersebut meliputi pengawasan, pemeriksaan, pengendaliandanpengkajian yang berkaitanataskualitas, kuantitas, kondisi, komoditi atau objek usaha dalam upaya menetukan harga dan nilai secara indipenden. Perusahaan jasa surveyor saat ini harus dapat berkembang dan membina hubungan yang baik kepada para pelanggannya baik dalam sektor pemerintahan pusat, pemerintahan daerah maupun pelanggan dari pihak swasta. Rancangan arsitektur implementasi CRM bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa surveyor perlu ditetapkan karena pada kenyataanya factor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam menjaga pelanggan tidak sepenuhnya sama dengan model industrilainnya. Perancangan arsitektur sistem perlu dilakukan untuk menjamin tingkat efisiensi dan efek tifitasaplikasi CRM dalam mendukung strategi bisnis perusahaan. Penelitian ini telah memberikan gambaran bahwa dari fitur-fitur CRM yang dipergunakan, sebagian besar fitur tersebut di gunakan dalam proses bisnis Market and Sell – Product and Services, selainitufitur yang paling banyak digunakan dalam perusahaan adalah fitur Order Managementdari komponen Sales sebuah sistem CRM.Fitur-fitur yang mendukung kegiatan customer service tidak terlalu banyak terdapat dalam studikasusinidikarenakan oleh naturedar ibisnisdarilokasi studi kasus ini sendiri.