Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-139 (Softcopy KA-139)
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Kajian model penerimaan e-learning CISCO networking academy program berdasarkan pendekatan technology acceptance model: Studi Kasus STTI NIIT
Author Hendi Hermawan;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011
Subject Structural Equation Model
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-139 (Softcopy KA-139) Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 33192
ABSTRAK

Sekolah Tinggi Teknologi Informasi (STTI) NIIT, merupakan sebuah sekolah tinggi yang menyelenggarakan pendidikan yang berfokus pada teknologi informasi. Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa akan materi jaringan komputer, maka STTI NIIT menggunakan empat modul yang terdapat pada materi Cisco Certified Network Associate (CCNA) Exploration sebagai mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa. Pada implementasinya, STTI NIIT menggunakan model pembelajaran yang dipakai oleh CNAP, yaitu model Blended Learning yang menggabungkan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan internet (e-learning) dan tatap muka. Dalam metode e-learning, di mana tidak dibatasinya ruang dan waktu, menyebabkan pengajar mendapatkan kesulitan dalam mengetahui seberapa intensif mahasiswa berinteraksi dengan aplikasi e-learning CNAP, baik untuk mempelajari materi perkuliahan, maupun berdiskusi tentang materi perkuliahan melalui forum online. Kesulitan ini dapat diketahui pada saat diselenggarakannya metode tatap muka, seperti tidak siapnya mahasiswa dalam berdiskusi, mengerjakan ujian online, dan praktikum online. Oleh karena itu, agar pengajar dapat mengetahui kesulitan ini, maka diperlukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk dapat membantu memahami dan menjelaskan perilaku mahasiswa pada saat metode e-learning diterapkan. Apabila perilaku mahasiswa dalam menggunakan aplikasi e-learning telah dapat diukur, maka pengajar akan menjadi tahu langkah apa yang harus ditempuh untuk meningkatkan keberhasilan belajar pada model ini. Perilaku mahasiswa dalam penelitian ini akan dilandasi oleh pengaruh dari hubungan antara faktor motivasi mahasiswa, dengan faktor-faktor yang terdapat dalam kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM) seperti faktor manfaat, faktor kemudahan, faktor sikap, dan niat mahasiswa dalam menggunakan aplikasi e-learning CNAP. Dengan adanya pengaruh dari hubungan antar faktor-faktor tersebut, maka akan dapat dijelaskan penerimaan aplikasi e-learning ini bagi mahasiswa.Penelitian ini akan dimulai dari tahap pembuatan model penelitian kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data berdasarkan model penelitian melalui kuesioner. Setelah data terkumpul, dilakukan dianalisis data berdasarkan hubungan antar faktor-faktor yang telah disebutkan pada paragraf kedua dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan mahasiswa terhadap aplikasi e-learning CNAP didasari pengaruh faktor motivasi, faktor sikap, dan faktor niat dalam menggunakan aplikasi e-learning CNAP. Sebagai saran semoga penelitian ini agar dapat dilakukan pada perguruan tinggi yang berbeda, karena kemungkinan akan melahirkan model yang berbeda pula.