Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Pengarang Rinaldi;
Kata Kunci Aplikasi website, keamanan aplikasi, kesadaran pengembang, standar keamanan pengembangan aplikasi,
Pembimbing 2 Achmad Nizar Hidayanto
Tahun buku 2011
Barcode RFID baru 11753482
Tahun Angkatan 2007
Progam Studi SISTEM INFORMASI
Lokasi FASILKOM-UI;
Tanggal Datang 25/07/2011
Abstrak Indonesia Aplikasi website akhir-akhir ini sangat banyak diminati oleh berbagai perusahaan. Setiap perusahaan tersebut seakan-akan berlomba-lomba untuk memiliki website sebagai salah satu sarana promosi mereka. Daya tarik dan kemudahan mengakses suatu website merupakan alasan utama mengapa website sebagai aplikasi yang diminati. Daya tarik dan kemudahan tersebut membuat pengembang sering melupakan penerapan sistem keamanan yang seharusnya diterapkan untuk melindungi data pada aplikasi. Oleh sebab itu, diperlukan suatu pengukuran terhadap tingkat kesadaran pengembang aplikasi website terhadap masalah keamanan. Pengukuran tersebut juga diharapkan dapat memperoleh informasi mengenai hal-hal yang dianggap masih lemah dan yang sudah cukup baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat kesadaran pengembang terhadap keamanan aplikasi yang dikembangkannya. Untuk membantu mengukur tingkat kesadaran pengembang tersebut, penulis mengembangkan instrument pengukuran yang dibuat dengan memadukan standar keamanan SANS Institute, standar keamanan Arizona State University, dan kerangka keamanan Mark Curphey serta Rudolph Arawo dari Foundstone. Kerangka pengukuran yang dikembangkan tersebut kemudian dijadikan dasar untuk pembuatan kuesioner penelitian yang dibagikan kepada para pengembang aplikasi. Berdasarkan hasil analisis, pengembang aplikasi memiliki kesadaran pada tingkat sedang. Dimensi yang masih lemah menurut kerangka pengukuran yang dibuat antara lain dimensi gagal secara aman, keamanan fisik komputer, dan pemisahan tugas. Dimensi yang sudah cukup baik antara lain dimensi otentikasi dan otorisasi, menangani pengecualian, dan bilangan acak.
Judul Analisis tingkat kesadaran pengembang terhadap keamanan aplikasi website berdasarkan standar kemanan pengembangan aplikasi
NPM 0706276500
Abstrak English Nowadays, website application has attracted various companies. They use the website by the means for promoting their products and services. The website is getting popular as it is attractive and eases to use. However, the attractiveness and convenience of the website makes developers often forget about the application security that protects data on the application. Therefore, we need to measure the web application developer‟s awareness level to security. From the measurement, we expect to obtain the weaknesses and the strengths of the developers in application security. This research was conducted to measure the awareness level of the developers in application security. In order to measure the level of awareness of developers, we developed a framework by combining SANS Institute security standard, Arizona State University secure web development standard, and security framework by Mark Curphey and Rudolph Arawo of Foundstone. The framework is used as the basis for making the research questionnaire that was distributed to application developers. Our analysis results showed that the developers have the security awareness on medium level. We have identified some weakness of the developers that related to fail securely, physical security, and separation of duties. However, the developers also showed their good quality in the dimension of authentication and authorization, exception handling, and random numbers.
Penguji 2 Rizal Fathoni Aji
Fisik xv, 167 hlm. : ill. ; 30 cm.
Bahasa Ind
Penerbitan Depok: Fasilkom UI, 2011
Lulus semester SI GENAP 2010/2011
Penguji 1 Heri Kurniawan
No. Panggil SK-0938 (Softcopy SK-419)
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0938 (Softcopy SK-419) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 34272
Aplikasi website akhir-akhir ini sangat banyak diminati oleh berbagai perusahaan. Setiap perusahaan tersebut seakan-akan berlomba-lomba untuk memiliki website sebagai salah satu sarana promosi mereka. Daya tarik dan kemudahan mengakses suatu website merupakan alasan utama mengapa website sebagai aplikasi yang diminati. Daya tarik dan kemudahan tersebut membuat pengembang sering melupakan penerapan sistem keamanan yang seharusnya diterapkan untuk melindungi data pada aplikasi. Oleh sebab itu, diperlukan suatu pengukuran terhadap tingkat kesadaran pengembang aplikasi website terhadap masalah keamanan. Pengukuran tersebut juga diharapkan dapat memperoleh informasi mengenai hal-hal yang dianggap masih lemah dan yang sudah cukup baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat kesadaran pengembang terhadap keamanan aplikasi yang dikembangkannya. Untuk membantu mengukur tingkat kesadaran pengembang tersebut, penulis mengembangkan instrument pengukuran yang dibuat dengan memadukan standar keamanan SANS Institute, standar keamanan Arizona State University, dan kerangka keamanan Mark Curphey serta Rudolph Arawo dari Foundstone. Kerangka pengukuran yang dikembangkan tersebut kemudian dijadikan dasar untuk pembuatan kuesioner penelitian yang dibagikan kepada para pengembang aplikasi. Berdasarkan hasil analisis, pengembang aplikasi memiliki kesadaran pada tingkat sedang. Dimensi yang masih lemah menurut kerangka pengukuran yang dibuat antara lain dimensi gagal secara aman, keamanan fisik komputer, dan pemisahan tugas. Dimensi yang sudah cukup baik antara lain dimensi otentikasi dan otorisasi, menangani pengecualian, dan bilangan acak.