Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1093 (Softcopy SK-574) Source code SK-419
Collection Type Skripsi
Title Implementasi contextual advertising menggunakan teknik vector space model dan latent semantic analysis
Author Istha Bena Hadirani;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2012
Subject contextual advertising
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1093 (Softcopy SK-574) Source code SK-419 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 37797
Salah satu masalah utama dalam online advertising adalah menampilkan iklan yang relevan dan sesuai dengan apa yang diinginkan user (contextual advertising). Salah satu teknik personalisasi iklan yang dapat digunakan adalah melalui pendekatan perhitungan frekuensi term, yaitu vector space machine (VSM) dan pendekatan secara semantik dengan latent semantic analysis (LSA). Penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, library Lucene dan Jama. Korpus yang digunakan adalah 6.142 berita dari portal berita Antara dan 4.893 iklan dari Berniaga. Teknik LSA ini dikembangkan dengan menggunakan dokumen training berupa file Wikipedia berbahasa Indonesia. Kedua teknik ini menghasilkan jumlah iklan relevan yang berbeda. Pendekatan VSM menghasilkan rata-rata precision @10 sebesar 0.48 dan pendekatan LSA menghasilkan rata-rata precision @10 sebesar 0.167.