Call Number | KA-579 (Softcopy KA-576) MAK KA-239 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis anteseden kepercayaan dan kepuasan dalam model penerimaan konsumen terhadap e-commerce: studi kasus mahasiswa di Jabodetabek |
Author | Nugraha Tejapermana; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2014 |
Subject | e-commerce |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-579 (Softcopy KA-576) MAK KA-239 | Indonesia | TERSEDIA |
Internet menyimpan potensi yang sangat besar untuk menjadi platform bisnis yang penting untuk transaksi antar organisasi, antara organisasi dengan konsumen, bahkan antar konsumen dengan konsumen. Besarnya potensi yang dimiliki oleh internet dalam dunia bisnis dan commerce ternyata masih belum secara optimal dimanfaatkan. Meskipun internet menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahaan yang secara teoritis bisa menarik minat banyak pengguna untuk menggunakan e-commerce, ternyata hal tersebut belum cukup untuk menarik minat para pengguna internet untuk menggunakan e-commerce. Penelitian ini menggunakan model penerimaan e-commerce yang dikembangkan oleh Afsan Azam, Pro. Fu Qiang, dan Muhammad Ibrahim Abdullah (2011) untuk menentukan anteseden dari kepercayaan dan kepuasan yang mempengaruhi penerimaan e-commerce. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kepercayaan dan kepuasan mempengaruhi keinginan untuk melakukan transaksi secara online. Privasi dan disposition to trust adalah dua faktor yang mempengaruhi kepercayaan. Kemampuan/keandalan penjual online dan third party seals merupakan anteseden yang mempengaruhi kepuasan