Tidak ada review pada koleksi ini: 42007
ABSTRAK
Nama : Bilih Priyogi
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Analisis Kualitas Layanan Open Education (OE) dengan
Pendekatan Deskriptif Kuantitatif
Kemajuan teknologi informasi berperan penting dalam perkembangan dunia
pendidikan yaitu dengan adanya e-Learning. Seiring dengan semakin populernya
penerapan e-Learning dan kesadaran akan pentingnya keterbukaan akses ke
layanan pendidikan yang berkualitas bagi semua orang, maka muncul konsep
Open Education. Konsep Open Education berbasis pada konsep e-Learning
dengan filosofi pembelajaran anywhere, anytime, dan anyone. Salah satu isu
utama dalam pengembangan layanan Open Education adalah adanya mekanisme
penjaminan kualitas. Maka penelitian ini mencoba mengajukan metrik untuk
mengukur kualitas layanan Open Education. Berdasarkan studi literatur mengenai
indikator pembelajaran dan layanan e-Learning yang berkualitas, serta observasi
layanan Open Education yang ada, maka dirumuskan suatu Open Education
Metric. Open Education Metric yang diajukan terdiri dari 37 indikator dan dibagi
ke dalam 6 kriteria yaitu (1) Openness; (2) Benefit; (3) Delivery; (4) Learning; (5)
Evaluation; (6) Support. Skema evaluasi metrik dirancang untuk memberikan
penilaian atas kualitas layanan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian adalah
berupa skor yang merepresentasikan kualitas layanan relatif terhadap indikator
dan klasifikasi layanan ke dalam salah satu dari kategori Open Content, Open
Courseware, atau Open Teaching. Uji coba penilaian kualitas dilakukan pada tiga
layanan di Indonesia yaitu IPB Open Courseware, MOOC Universitas Terbuka,
dan Pengayaan Materi Universitas Terbuka. Berdasarkan Open Education Metric,
masing-masing layanan tersebut diklasifikasikan sebagai Open Courseware, Open
Teaching, dan Open Content. Masing-masing layanan mendapatkan skor : IPB
Open Courseware = 523.97, MOOC Universitas Terbuka = 705.91, dan
Pengayaan Materi Universitas Terbuka = 511.13, dari skor maksimal 1000. Skor
tersebut merepresentasikan kualitas layanan secara keseluruhan, dan untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan layanan secara spesifik dapat dilakukan
dengan melihat detail hasil penilaian per kriteria maupun per indikator. Hasil
penilaian ini bermanfaat sebagai acuan pengembangan layanan, evaluasi layanan
yang ada, dan benchmarking kualitas suatu layanan terhadap layanan lain. Selain
itu, sistem evaluasi juga diimplementasikan untuk memfasilitasi proses penilaian,
perhitungan skor, publikasi, dokumentasi, dan perbandingan layanan. Berdasarkan
analisis atas hasil uji coba, sistem yang diajukan berpotensi membantu dalam
proses penilaian layanan dibanding proses yang masih menggunakan aplikasi dan
dokumen spreadsheet.
Kata Kunci : e-Learning, Open Education, metric, evaluasi, kualitas.