Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1077 (SOFTCOPY T-786) SOURCE CODE T-215
Collection Type Tesis
Title Analisis kualitas layanan Open Education (OE) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif
Author Bilih Prayogi;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2014
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1077 (SOFTCOPY T-786) SOURCE CODE T-215 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 42007
ABSTRAK Nama : Bilih Priyogi Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Analisis Kualitas Layanan Open Education (OE) dengan Pendekatan Deskriptif Kuantitatif Kemajuan teknologi informasi berperan penting dalam perkembangan dunia pendidikan yaitu dengan adanya e-Learning. Seiring dengan semakin populernya penerapan e-Learning dan kesadaran akan pentingnya keterbukaan akses ke layanan pendidikan yang berkualitas bagi semua orang, maka muncul konsep Open Education. Konsep Open Education berbasis pada konsep e-Learning dengan filosofi pembelajaran anywhere, anytime, dan anyone. Salah satu isu utama dalam pengembangan layanan Open Education adalah adanya mekanisme penjaminan kualitas. Maka penelitian ini mencoba mengajukan metrik untuk mengukur kualitas layanan Open Education. Berdasarkan studi literatur mengenai indikator pembelajaran dan layanan e-Learning yang berkualitas, serta observasi layanan Open Education yang ada, maka dirumuskan suatu Open Education Metric. Open Education Metric yang diajukan terdiri dari 37 indikator dan dibagi ke dalam 6 kriteria yaitu (1) Openness; (2) Benefit; (3) Delivery; (4) Learning; (5) Evaluation; (6) Support. Skema evaluasi metrik dirancang untuk memberikan penilaian atas kualitas layanan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian adalah berupa skor yang merepresentasikan kualitas layanan relatif terhadap indikator dan klasifikasi layanan ke dalam salah satu dari kategori Open Content, Open Courseware, atau Open Teaching. Uji coba penilaian kualitas dilakukan pada tiga layanan di Indonesia yaitu IPB Open Courseware, MOOC Universitas Terbuka, dan Pengayaan Materi Universitas Terbuka. Berdasarkan Open Education Metric, masing-masing layanan tersebut diklasifikasikan sebagai Open Courseware, Open Teaching, dan Open Content. Masing-masing layanan mendapatkan skor : IPB Open Courseware = 523.97, MOOC Universitas Terbuka = 705.91, dan Pengayaan Materi Universitas Terbuka = 511.13, dari skor maksimal 1000. Skor tersebut merepresentasikan kualitas layanan secara keseluruhan, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan layanan secara spesifik dapat dilakukan dengan melihat detail hasil penilaian per kriteria maupun per indikator. Hasil penilaian ini bermanfaat sebagai acuan pengembangan layanan, evaluasi layanan yang ada, dan benchmarking kualitas suatu layanan terhadap layanan lain. Selain itu, sistem evaluasi juga diimplementasikan untuk memfasilitasi proses penilaian, perhitungan skor, publikasi, dokumentasi, dan perbandingan layanan. Berdasarkan analisis atas hasil uji coba, sistem yang diajukan berpotensi membantu dalam proses penilaian layanan dibanding proses yang masih menggunakan aplikasi dan dokumen spreadsheet. Kata Kunci : e-Learning, Open Education, metric, evaluasi, kualitas.