Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1361 (Softcopy SK-843)
Collection Type Skripsi
Title Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik berbasis mobile sebagai metode pembayaran pada situs e-commerce
Author Amanda Ghaisani;
Publisher Depok: FASILKOM UI, 2015
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1361 (Softcopy SK-843) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 42816
ABSTRAK Nama : Amanda Ghaisani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Uang Elektronik Berbasis Mobile sebagai Metode Pembayaran pada Situs E-Commerce Kini, semakin banyak alternatif metode pembayaran yang ditawarkan untuk melakukan pembayaran dalam situs e-commerce. Salah satunya adalah uang elektronik berbasis mobile. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan uang elektronik berbasis mobile sebagai metode pembayaran ecommerce saat ini. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktorfaktor yang dapat memengaruhi penggunaan uang elektronik berbasis mobile dalam pembayaran pada situs e-commerce. Model penelitian yang digunakan merupakan hasil modifikasi teori Technology Acceptance Model (TAM) 2 dengan penambahan variabel compatibility, convenience, personal innovativeness, dan emoney knowledge. Model penelitian dianalisis menggunakan teknik partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). Pengolahan terhadap 151 data responden dilakukan dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 2.0. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa masih banyak responden yang memilih untuk menggunakan metode pembayaran melalui transfer bank dibandingkan dengan menggunaan uang elektronik berbasis mobile. Hasil analisis juga menyatakan faktor-faktor yang memengaruhi adopsi penggunaan uang elektronik berbasis mobile untuk metode pembayaran e-commerce secara langsung adalah perceived usefulness dan subjective norm. Sedangkan faktor yang tidak memiliki pengaruh terhadap penggunaan uang elektronik berbasis mobile adalah convenience. Kata kunci : e-commerce, uang elektronik, berbasis mobile, perceived usefulness, subjective norm, TAM, PLS-SEM