Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1443 (Softcopy SK-925)
Collection Type Skripsi
Title Perluasan expectation confirmation model dengan perceived enjoyment untuk menganalsis faktor-faktor instriksi dan ekstrinsik yang mempengaruhi penggunaan kembali aplikasi m-banking
Author Nilamsari Putri Utami;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1443 (Softcopy SK-925) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43513
ABSTRAK Nama : Nilamsari Putri Utami Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perluasan Expectation Confirmation Model dengan Perceived Enjoyment untuk Menganalisis Faktor-Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik yang Mempengaruhi Penggunaan Kembali Aplikasi M-banking Penelitian ini menggunakan konsep expectation confirmation model (ECM) yang diperluas dengan menambahkan variabel perceived enjoyment untuk mengidentifikasi faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik yang dapat membuat pengguna kembali menggunakan aplikasi m-banking. Penelitian ini juga ingin melihat pengaruh perceived enjoyment terhadap niat penggunaan kembali aplikasi m-banking. Pada penelitian ini digunakan lima variabel faktor intrinsik dan ekstrinsik untuk diuji dan sekaligus sebagai anteseden dari perceived enjoyment, yaitu self efficacy, familiarity, m-banking application quality, social influence, dan facilitating condition. Penelitian ini menggunakan data 343 responden pengguna aplikasi m-banking sebagai objek penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan metode partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa perceived enjoyment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan kembali aplikasi m-banking. Perceived enjoyment dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu familiarity, m-banking application quality, dan facilitating condition yang juga merupakan faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik yang terbukti mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan kembali aplikasi m-banking. Kata kunci: Aplikasi, continuance intention, ECM, ekstrinsik, intrinsik, m-banking, pengguna, perceived enjoyment, PLS-SEM.