Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1452 (Softcopy SK-934
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku pengguna melakukan knowledge sharing melalui twitter TMC polda Meto Java menggunakan theory of planned behavior
Author Annisa Monicha Sari;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer UI, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1452 (Softcopy SK-934 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43514
ABSTRAK Nama : Annisa Monicha Sari Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Perilaku Pengguna Melakukan Knowledge Sharing Melalui Twitter TMC Polda Metro Jaya Menggunakan Theory of Planned Behavior Sebagai komitmen TMC (Traffic Management Centre) Polda Metro Jaya dalam rangka menciptakan kawasan lalu lintas yang tertib, Polda Metro Jaya menyediakan informasi interaktif selama 24 jam kepada pengguna lalu lintas melalui akun Twitter TMC Polda Metro Jaya. Pemanfaatan teknologi internet melalui media sosial Twitter, memungkinkan pengguna memperoleh informasi/pengetahuan lalu lintas secara real-time. Untuk dapat meningkatkan efektifitas knowledge sharing melalui Twitter TMC Polda Metro Jaya, perlu diketahui motivasi pengguna terhadap perilaku knowledge sharing. Penelitian ini ingin mengetahui dua dimensi faktor yang mendorong pengguna melakukan knowledge sharing melalui Twitter TMC Polda Metro Jaya, yaitu faktor-faktor internal dan eksternal dengan mengadopsi theory of planned behavior (TPB) sebagai kerangka untuk mempelajari sikap terhadap perilaku berbagi pengetahuan. Pada penelitian ini diperoleh 416 responden yang merupakan follower (pengguna) Twitter TMC Polda Metro Jaya. Data dianalisis dengan menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan tools AMOS 22.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, enjoyment in helping dan information seeking sebagai faktor-faktor internal yang signifikan mempengaruhi sikap berbagi pengetahuan. Sedangkan untuk faktor-faktor eksternal, hanya norm reciprocity yang memiliki pengaruh signifikan secara positif terhadap perilaku berbagi pengetahuan. Selanjutnya, attitude, perceived behavioral control dan subjective norm sebagai tiga prediktor TPB, memiliki pengaruh signifikan terhadap niat berbagi pengetahuan. Sebagai motivasi pengguna, information seeking (faktor internal) memiliki pengaruh paling signifikan terhadap sikap berbagi pengetahuan dan perceived behavioral control sebagai prediktor TPB yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap niat berbagi pengetahuan. Selain itu, pada penelitian ini ditemukan bahwa knowledge contributing behavior memiliki pengaruh signifikan terhadap promosi akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, sedangkan knowledge collecting behavior tidak. Kata kunci : AMOS, faktor-faktor internal, faktor-faktor eksternal, knowledge sharing, knowledge collecting behavior, knowledge contributing behavior, promosi akun, theory of planned behavior.