Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1514 (Softcopy SK-996)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna dalam mencapai kredibilitas informasi melalui proses information sharing pada situs facebook dan twitter Go-JEK
Author Devi Fadhlullahi Alaika;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2017
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1514 (Softcopy SK-996) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 44308
ABSTRAK Nama : Devi Fadhlullahi Alaika Program Studi : Sistem Informasi Judul Kerja Praktik : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Pengguna dalam Mencapai Kredibilitas Informasi melalui Proses Information Sharing pada Situs Facebook dan Twitter GO-JEK Kunci kesuksesan dari pengembangan media sosial adalah partisipasi aktif dari penggunanya. Partisipasi tersebut dapat diukur melalui keaktifan pengguna media sosial dalam melakukan information sharing. Untuk dapat meningkatkan efektifitas information sharing pada media sosial, perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi pengguna dalam menghasilkan perilaku information sharing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pengguna dalam melakukan information sharing pada media sosial yang digunakan oleh perusahaan GO-JEK yaitu Facebook dan Twitter. Faktor-faktor tersebut dilihat dari perspektif teori motivasi dan teori attachment menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini diperoleh 370 data responden yang merupakan pengguna media sosial GO-JEK (Facebook atau Twitter). Data dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) melalui aplikasi AMOS 21.0. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa faktor social interaction dan self-efficacy memiliki pengaruh signifikan terhadap attachment seseorang pada media sosial dan pengguna lain yang menggunakan media sosial yang sama. Sementara itu, faktor altruism tendency tidak memengaruhi attachment seseorang pada media sosial dan pengguna lain yang menggunakan media sosial yang sama. Selain itu, faktor identity-based attachment dan bond-based attachment memiliki pengaruh signifikan dalam mendorong perilaku seseorang untuk melakukan aktivitas information sharing pada media sosial. Aktivitas information sharing tersebut diketahui dapat menghasilkan kredibilitas informasi. Kata kunci: AMOS, bond-based attachment, Facebook, identity-based attachment, information sharing, kredibilitas informasi, media sosial, teori motivasi, Twitter.