Tidak ada review pada koleksi ini: 45005
ABSTRAK
Nama : Karunia
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Klasifikasi Stance pada Teks Berbahasa Inggris
Menggunakan Supervised Learning
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model yang dapat secara
otomatis melakukan klasifikasi stance pada teks berbahasa Inggris, di mana teks
merupakan judul dan isi berita yang akan dikategorikan menjadi agree, disagree,
discuss, dan unrelated. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam
mendeteksi kemunculan fake news dengan memanfaatkan teknologi, khususnya
pada bidang pembelajaran mesin dan pengolahan bahasa manusia. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah supervised learning dengan model klasifikasi
Gradient Boosting dan Extreme Gradient Boosting. Model dibangun dengan
menggunakan dataset dan baseline yang disediakan oleh Fake News Challenge
yang dimodifikasi dengan penambahan sepuluh fitur gagasan penulis, yaitu fitur
representasi vektor judul & isi, awal, dan akhir berita, sentimen, kemiripan antar
kalimat berita, kata pendukung, predikat, kumpulan sinonim dan antonim, serta
entailment. Penilaian terbaik yang diperoleh model Gradient Boosting adalah
82,781% yang klasifikasinya tidak mengikutsertakan kelompok fitur kalimat, yaitu
fitur sentimen dan kemiripan antar kalimat berita. Sementara itu, nilai tertinggi yang
diperoleh model Extreme Gradient Boosting adalah 82,893% yang klasifikasinya
tidak mengikutsertakan kelompok fitur konteks, yaitu fitur entailment. Dari hasil
eksperimen, diperlihatkan bahwa fitur yang memberikan kontribusi terbesar adalah
fitur representasi vektor seluruh berita.
Kata Kunci:
klasifikasi stance, gradient boosting, extreme gradient boosting, supervised learing
vi