Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1600 (Softcopy SK-1082)
Collection Type Skripsi
Title Analisis dan Evaluasi Functional Requirement pada Aplikasi Ride-Hailing di Indonesia dari Perspektif Penumpang dengan Pendekatan Fuzzy-Kano
Author Gemma Adhatien Nur;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1600 (Softcopy SK-1082) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46125
ABSTRAK Nama : Gemma Adhatien Nur Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis dan Evaluasi Functional Requirement pada Aplikasi Ride-Hailing di Indonesia dari Perspektif Penumpang dengan Pendekatan Fuzzy-Kano Sharing economy merupakan sebuah kegiatan berbagi sumber daya dengan orang lain, salah satunya adalah sumber daya transportasi yang dikenal dengan shared mobility. Salah satu jenis dari aplikasi berbasis shared mobility adalah ride-hailing. Ride-hailing dinilai aman, tepercaya, dan efisien dalam menyelesaikan masalah mobilitas masyarakat sehingga layanan ini banyak diadopsi dan perkembangannya begitu cepat di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Dengan keunggulan dan kekurangannya tersendiri, para penyedia aplikasi layanan ride-hailing kini tengah bersaing untuk memuaskan penggunanya, yakni dengan menyajikan pelayanan dan fitur yang baik menurut pengguna. Penting bagi para pengembang aplikasi untuk memiliki strategi pengembangan dengan mengetahui kebutuhan fitur atau requirement apakah yang diminati oleh pengguna dan meningkatkan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengategorikan dan memprioritaskan requirement berdasarkan kepuasan yang ditimbulkan, serta mengevaluasi pemenuhan requirement pada aplikasi ride-hailing GO-JEK, Grab, dan Uber. Analisis pada penelitian ini dilakukan dari hasil pengumpulan data sebanyak 251 pengguna aktif aplikasi melalui kuesioner. Selain itu, analisis dilakukan dengan pendekatan Fuzzy-Kano. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa terdapat 24 requirement yang masing-masing dapat dikategorikan menurut Kano Model ke dalam must-be quality attribute, one-dimensional quality attribute, attractive quality attribute, atau indifferent quality attribute. Fitur pencarian lokasi penjemputan dan destinasi menduduki prioritas paling atas menurut kepuasan yang ditimbulkan. Sementara itu, hasil evaluasi menunjukkan bahwa ketiga aplikasi belum memenuhi requirement yang diidentifikasi secara lengkap. Meskipun demikian, berdasarkan hasil asesmen, aplikasi Grab merupakan aplikasi yang memperoleh nilai usability tertinggi dibandingkan dengan GO-JEK maupun Uber. Kata Kunci: Kano Model, Pendekatan Fuzzy-Kano, Ride-Hailing, Shared Mobility