Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1603 (Softcopy SK-1085)
Collection Type Skripsi
Title Desain Interaksi Aplikasi untuk Mengakomodasi Self-Regulated Learning
Author Mila Alief Alya;
Publisher Depok": Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1603 (Softcopy SK-1085) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46149
ABSTRAK Nama : Mila Alief Alya Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Desain Interaksi Aplikasi untuk Mengakomodasi Self-Regulated Learning Kualitas pendidikan di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain. Diketahui bahwa salah satu penyebab ketertinggalan kualitas pendidikan di Indonesia adalah pelajar yang masih belum dapat mengelola proses belajar secara efektif. Hal ini menjadi indikasi rendahnya kemampuan self-regulated learning pada diri pelajar di Indonesia. Self-regulated learning merupakan keterampilan yang esensial dalam proses belajar. Penerapan self-regulated learning pada kegiatan belajar dapat meningkatkan performa pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain aplikasi untuk membantu mengakomodasi self-regulated learning pada pelajar. Dalam merancang desain aplikasi, digunakan pendekatan user-centered design. Proses pengembangan desain aplikasi dimulai dari tahap studi literatur, lalu pengumpulan requirements, analisis data, desain, prototyping dan evaluasi. Pada tahap evaluasi digunakan teknik usability testing dan wawancara. Hasil penelitian ini berupa high-fidelity design aplikasi berdasarkan hasil evaluasi low-fidelity design oleh pengguna. Kata Kunci: Desain, pelajar, requirements, self-regulated learning, user-centered design