Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1628 (Sofcopy SK-1110)
Collection Type Skripsi
Title Faktor-faktor yang memengaruhi attitude pengguna terhadap mobile advertising dan dampaknya terhadap purchase intention: Studi Kasus Tokopedia
Author Clarita Nainggolan;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1628 (Sofcopy SK-1110) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46172
ABSTRAK Nama : Clarita I. Nainggolan Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-Faktor yang Memengaruhi attitude pengguna terhadap mobile advertising dan Dampaknya terhadap Purchase intention: Studi Kasus Tokopedia Perkembangan jumlah pengguna mobile mendorong perusahaan dalam memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan strategi marketing mereka. Salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan melalui perangkat mobile adalah mobile advertising. Namun, permasalahannya banyak pengguna yang masih menganggap mobile advertising sebagai spam dan banyak juga perusahaan yang belum mengetahui cara untuk memulai mobile advertising. Sementara untuk memulai mobile advertising, harus terlebih dahulu memahami attitude pengguna mobile itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi attitude pengguna aplikasi Tokopedia terhadap mobile advertising dilihat dari sisi afektif dan kognitif. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak mobile advertising terhadap purchase intention pengguna untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan melalui mobile advertising. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap pengguna aplikasi Tokopedia, dan berhasil mengumpulkan responden sebanyak 565 data. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode CB-SEM dibantu dengan tools AMOS 21. Berdasarkan hasil analisis terhadap data penelitian, penulis menemukan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, positive emotions, dan negative emotions memengaruhi attitude pengguna terhadap mobile advertising, dan attitude tersebut juga memiliki pengaruh terhadap purchase intention pengguna terhadap produk atau layanan yang ditawarkan pada mobile advertising tersebut. Kata kunci: Attitude, cognitive, affective, mobile advertising, m-commerce, purchase intention