Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1181 (Softcopi KA-1174) MAK KA-827
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisi faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan situs web pada penerima bantuan dimain ID: studi kasus program satu juta domain Kementerian komunikasi dan informatika
Author Handayani;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2019
Subject Analysis factors, website
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1181 (Softcopi KA-1174) MAK KA-827 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46540
Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Program Satu Juta Domain berupa bantuan situs web dengan nama domain Indonesia dan hosting lokal gratis selama satu tahun kepada UMKM, sekolah, pondok pesantren, komunitas, dan desa. Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong UMKM memasuki pemasaran online, mendorong pertumbuhan konten-konten positif melalui situs web yang dibangun oleh sekolah, pondok pesantren, komunitas dan desa. Program yang dibangun dari tahun 2016 sampai tahun 2018 telah menyalurkan bantuan sebanyak 55.399 situs web yang tersebar di seluruh Indonesia, namun kurang mendapatkan respon positif dari penerima bantuan yang dilihat dari jumlah penerima bantuan yang melanjutkan penggunaan situs web tersebut pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis faktor-faktor yang memengaruhi niat melanjutkan penggunaan situs web pada penerima bantuan domain .id. Model penerimaan teknologi yang digunakan pada penelitian ini adalah Expectation Confirmation Model (ECM) dan Technology Organization Environment (TOE) Framework. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat exploratory research dengan pengumpulan data menggunakan Google Form. Jumlah responden yang terkumpul sebanyak 367 responden yang tersebar di 20 provinsi. Data di olah menggunakan metode partial least square – structural equation model (PLS-SEM) dengan aplikasi Smart-PLS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel training dan program assistant tidak memberikan pengaruh rasa manfaat pada pengguna. Variabel competitive pressure dan firm size tidak berpengaruh terhadap continuance usage intention. Variabel subjective norms berpengaruh paling signifikan terhadap continuance usage intention situs web, diikuti oleh variabel satisfaction dan perceived usefulnes. Terdapat 81% responden yang berniat melanjutkan penggunaan situs webnya.